SKRIPSI

Penulis / NIM
NITA SAWAKU / 121416012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Abstrak
ABSTRAK Nita Sawaku. Nim 121 416 012. 2020. "Deskripsi Aspek Nilai Pendidikan Pada Pengasuhan Orang Tua Tunggal Di Kelurahan Tenda Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo". Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dan Pembimbing II: Prof. Dr. Ruslin W. Badu, M.Pd, dan Drs. Yakob Napu, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aspek Nilai Pendidikan Pada Pengasuhan Orang Tua Tunggal di Kelurahan Tenda Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek nilai pendidikan pada pengasuhan orang tua tunggal dalam hal ini memberikan pengaruh terhadap perkembangan fisik dan psikologi anak. Nilai-nilai pendidikan dalam keluarga yang fokus penelitiannya aspek nilai pendidikan pada pengasuhan orang tua tunggal yang menghasilkan orang tua tunggal tidak hanya menjadi orang yang dapat memenuhi kebutuhan primer dan sekunder anak akan tetapi pendidikan dalam keluarga pun perlu menjadi tugas dan tanggung jawab orang tua. Dari uraian hasil penelitian bahwa anak yang memiliki orang tua tunggal dapat bertahan hidup, akan tetapi secara psikologi terganggu karena rendahnya pengertian dari orang tua dan kehidupan sosialnya terbatas. Dengan nilai-nilai pendidikan dalam lingkungan keluarga baik nilai nurani di antaranya kejujuran, keberanian, disiplin diri, religius, dan adapun nilai memberi di antaranya menghormati, cinta dan kasih sayang, adil, murah hati inilah yang menjadi pedoman hidup seseorang dalam berkehidupan sosial serta memberikan efek secara signifikan terhadap perkembangan jiwa seorang anak dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dapat ditentukan bahwa nilai pendidikan yang paling dominan dalam perkembangan anak dan pengasuhan orang tua tunggal adalah nilai nurani. Karena nilai nurani sangat memberi pengaruh terhadap perkembangan anak, nilai yang bersumber dari hati nurani memberikan hal yang positif sehingga anak dapat mengerjakan segala sesuatu dengan baik, dan meninggalkan yang buruk atas kemauannya sendiri. Dengan begitu seorang anak akan memiliki akhlak yang baik walaupun anak memiliki keluarga yang tidak utuh lagi, melihat keadaan bahwa ada beberapa anak dari orang tua tunggal yang memiliki perilaku menyimpang. Jadi aspek nilai pendidikan yang ada dalam nilai nurani sudah sangat mendukung terhadap aspek nilai pendidikan yang ada dalam nilai memberi. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Keluarga, Pengasuhan, Orang tua tunggal. ABSTRACT Nita Sawaku. Student ID Number 121 416 012. 2020. "Description of Aspect of Educational Value in Single Parenting in Tenda Village, Hulonthalangi Sub-district, Gorontalo City". Skripsi. Department of Non Formal Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Prof. Dr. Ruslin W. Badu, M.Pd, and the co-supervisor Drs. Yakob Napu, M.Pd. The objective of the research was to find out the aspect of educational value in single parenting in Tenda Village, Hulonthalangi Sub-district, Gorontalo City. The research type was qualitative descriptive, which used observation, interview, and documentation as techniques to collect data. The research finding showed that the aspect of educational value in single parenting has contributed to influence the children physical and psychological development. The educational value in single parent family that created a single parent was not only teaching them to be able to fulfill the primary and secondary needs of the children but also making the education in the family to be parents duties and responsibilities. Based on the previous explanation, children who had single parent could survive, yet they were psychologically disturbed due to the low attention of the parents, and their social life was also limited. The educational values in the family environment encompassed values of conscience, which were honesty, bravery, self-discipline, and religiousness while the values of giving were respecting. Love and affection, fair, and generous, and these all were the way of life of a person in living their social life. In addition, it had a significant effect on the mental development of a child in living daily life. It was identified that the most dominant educational value in the children development and single parenting was conscience as it was highly influential for the children development. In addition, values in conscience had a positive effect so that the children could do all things well and even left bad things motivated by their own willingness. Therefore, the children had good morals although their family was no longer complete, considering several children with a single parent had deviant behavior. In brief, the educational values aspect in values of conscience has been highly supportive of the educational values aspect in values of giving. Keywords: Value of Family Education, Parenting, Single Parent.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011