Penulis / NIM
FIKRAN AMBRAIN / 121417033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABD. HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Abstrak
ABSTRAK
Ambrain, Fikran. 2021. Implementasi Pembelajaran Keaksaraan Fungsional (KF) Dengan pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA) di Desa Sukamulya KEC. Wonosari. Kab. Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Abd Hamid Isa, M.Pd Pembimbing II: Dr. Ummyssalam A.T.A Duludu, M, Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran keaksaraan fungsional (KF) Dengan Pendekatan PRA di Desa Sukamulya, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa deskripsi Implemtasi Pembelajaran Keaksaraan Fungsional (KF) dengan Pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA) di Desa Sukamulya Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo dilihat dari keadaan tingkat pendidikan masyarakat di Desa Sukamulya Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo bersifat variatif, lebih banyaknya di dominasi oleh tidak tamat SD yang mencapai seratus empat pulu orang, pendidik dan peserta didik melakukan pertemuan rutin dalam mengikuti pembelajaran setiap dua kali dalam seminggu. Masalah ekonomi yang dimiliki setiap masyarakat masih tergolong rendah hal ini menyebabkan warga belajar membantu orang tua dalam meningkatkan ekonomi keluarga.
Kata Kunci: Keaksaraan Fungsional, Participatory Rural Appraisal
Download berkas