Penulis / NIM
FEBRIANTI USMAN / 121418044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKARNAIN ANU, S.Pd., M.Pd / 0027068703
Abstrak
ABSTRAK
Febrianti Usman (121418044).2022. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Peserta Didik Program Kesetaraan Paket B di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd, Pembimbing 2: Zulkarnain Anu, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Peserta Didik Program Kesetaraan Paket B di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif, dengan pendekatan Kualitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik program paket B ada dua yaitu faktor intrinsik yang meliputi aspek kesehatan, perhatian, minat, dan bakat, sedangkan faktor ekstrinsik meliputi metode mengajar, alat pelajaran, dan kondisi lingkungan. Namun dari hasil penelitian faktor yang dominan mempengaruhi motivasi belajar peserta didik program paket B yaitu faktor intrinsik (perhatian dan minat), dan faktor ekstrinsik (metode mengajar dan alat pembelajaran). Sebagian peserta didik program paket B kurang memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh tutor, karena menurut mereka cara penyampaian materi yang diberikan terkesan membuat peserta didik kurang bersemangat dan tidak memperhatikan apa yang diajarkan. Selain itu juga dipengaruhi oleh fasilitas pembelajaran yang masih kurang, dalam kegiatan pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah tanpa didukung oleh alat atau media pembelajaran lainnya yang menarik perhatian peserta didik.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Faktor Intrinsik, Faktor Ekstrinsik
Download berkas