Penulis / NIM
HAMDAN MANOPPO / 131406091
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Hamdan Manoppo. 2016. Penerapan Prinsip - Prinsip Human Relation Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar di Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang riil mengenai Penerapan Prinsip - Prinsip Human Relation Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar di Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SDN Kecamatan Tibawa yang berjumlah 201 orang. Sampel ditetapkan dengan menggunakan "Nomogram Harry King sebesar 50% dari jumlah populasi dengan teknik sampel proposional dan random acak sederhana (simple random sampling) sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 106 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum Penerapan Prinsip - Prinsip Human Relation Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar di Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo berada pada kategori cukup. Perolehan persentase ini merupakan akumulasi dari: 1). Prinsip hubungan didasarkan pandangan yang objektif secara umum berada pada kategori cukup, 2). Prinsip sikap dan tindakan manusiawi berada pada kategori cukup, 3) Prinsip hubungan didasarkan pada pengembangan potensi, inisiatif dan kreativitas guru secara umum berada pada kategori cukup, 4). Prinsip hubungan dilaksanakan atas dasar kebersamaan secara umum berada pada kategori cukup, 5). Secara umum penerapan prinsip - prinsip human relation kepemimpinan kepala sekolah dasar di Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo berada pada kategori cukup.
Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan Kemampuan kepala sekolah dalam menerapkan prinsip human relation perlu diberi penghargaan agar lebih memotivasi kepala sekolah dalam mengaktualisasikanya di sekolah, Penegakan disiplin di sekolah perlu dilakukan secara objektif tetapi dalam kerangka hubungan manusiawi, Penyelesaian tugas harus tetap menjadi acuan kepala sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah tanpa mengabaikan prinsip human relation.
Kata Kunci: Prinsip-Prinsip Human Relatin, Kepemimpinan Kepala Sekolah
Download berkas