Penulis / NIM
YULAN SASMITA DEHIYO / 131407097
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
YULAN SASMITA DEHIYO. 2012. Kreativitas Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di SMPN I Kabila. Skripsi jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Bapak Dr. Asrin M.Pd dan Ibu Intan Abd Razak, S.Ag, M.Pd
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui kreativitas guru dalam merencanakan, mengorganisir, memimpin dan mengevaluasi pembelajaran di SMPN I Kabila
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif deskritif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan hasil temuan penelitian dalam bentuk kalimat-kalimat berupa keterangan atau pernyataan-pernyataan dari responden sesuai dengan kenyataan yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa rata-rata skor capaian responden untuk semua indikator memiliki kualitas yang cenderung positif meliputi (1) Merencanakan, (2) Mengorganisir, (3) Memimpin, serta (4) mengevaluasi pembelaran. Walaupun hasil penelitian ini menunjukan kualitas yang baik tapi perlu menyadari bahwa pada kenyataanya guru-guru terlihat kurang kreatif. Pada umumnya guru melaksanakan proses pembelajaran dalam bentuk sedehana.
Penulis menyarankan agar guru terus mengembangkan imajinasi serta dirinya dalam proses pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas sehinggaprestasi belajar siswa meningkat pula, kepala sekolah sebaiknya selalu memperhatikan perkembangan guru dalam perencanaan pembelajaran,terutama dalam peningkatan kreativitas guru dalam menuangkan ide-ide dalam pengelolaan pembelajaran
Kata Kunci: kreativitas guru, pengelolaan pembelajaran
Download berkas