Penulis / NIM
YULINDA MATO / 131407099
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Yulinda Mato, 2013. Implementasi Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Di MAN Model Gorontalo. Skripsi Strata I. Jurusan Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fadliah, M.Si, Pembimbing II Warni T. Sumar, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Agen Perubahan di MAN Model Gorontalo, 2) Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Membangun Komunikasi Efektif di MAN Model Gorontalo, 3) Upaya Penanggulangan Konflik Yang Terjadi di MAN Model Gorontalo. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data angket dan wawancara dan teknik analisis data yang digunakan perhitungan dengan formula persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai agen perubahan pada implementasi gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah di MAN Model Gorontalo telah berjalan efektif, hal ini terlihat pada rangkuman presentase berada pada kategori efektif; 2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun komunikasi efektif pada implementasi gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah di MAN Model Gorontalo telah berjalan efektif, hal ini terlihat pada rangkuman presentase berada pada kategori efektif; 3) Upaya penanggulangan konflik pada implementasi gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah di MAN Model Gorontalo telah berjalan efektif, hal ini terlihat pada rangkuman presentase berada pada kategori efektif.
Disarankan : 1) Bagi Dinas Pendidikan, agar mendukung implementasi gaya kepemimpinan transformasional agar mampu memberikan dampak positif bagi kemajuan sekolah; 2) Bagi kepala sekolah, agar meningkatkan kemampuannya dalam mendorong dan memotivasi para guru untuk bekerja lebih dari lebih dari yang diharapkan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan disekolah; 3) Bagi guru, agar mendukung implementasi gaya kepemimpinan transformasional yang dilakukan kepala sekolah dan berperan aktif dalam setiap kegiatan yang telah diprogramkan sekolah; 4) Kepada peneliti selanjutnya untuk terus meningkatkan wawasan mengenai gaya kepemimpinan transformasional dengan menitikberatkan pada gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai agen perubahan
Kata kunci: Implementasi, Gaya, Kepemimpinan Transformasional, kepala sekolah
Download berkas