Penulis / NIM
ABDUL RAZAK / 131408001
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK
Abdul Razak. 2012. Pengelolaan Media Pembelajaran Berbasis Information Communication And Technology (ICT) Di SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. Ansar Made, S.Pd, M.Si , Pembimbing II: Arifin, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perencanaan program pembelajaran ICT di SMP Negeri 1 Tibawa, 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis ICT di SMP Negeri 1 Tibawa, 3) mengetahui aplikasi program yang digunakan dalam ICT di SMP Negeri 1 Tibawa, serta 4) mengetahui kendala yang dihadapi dalam pembelajaran berbasis ICT di SMP Negeri 1 Tibawa.
Sumber data dalam penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, komite sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) perencanaan program pembelajaran ICT di SMP Negeri 1 Tibawa dilaksanakan melalui perencanaan materi ICT, perencanaan media yang digunakan serta perencanaan tenaga yang akan memfasilitasi pembelajaran ICT terhadap siswa., 2) pelaksanaan pembelajaran berbasis ICT di SMP Negeri 1 Tibawa dilaksanakan dengan 3 tahapan yaitu: a) membuka pelajaran, b) melaksanakan kegiatan Inti, c) menutup pembelajaran, 3) aplikasi program yang digunakan dalam ICT di SMP Negeri 1 Tibawa yaitu menggunakan aplikasi portal serta program mengetik word, exel dan power point, dan 4) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran berbasis ICT di SMP Negeri 1 Tibawa yaitu kendala dalam hal sarana yang masih terbatas serta jaringan internet yang trouble dan belum tersedianya jaringan listrik yang mendukung pembelajaran berbasis ICT.
Terkait temuan penelitian disarankan 1) perlu dukungan fasilitas penunjang yang memadai untuk mengoptimalkan pembelajaran ICT, 2) sekolah perlu mengadakan jaringan listrik sendiri untuk mendukung proses pembelajaran ICT tanpa tergantung pada aliran listrik dari PLN, serta 3) perlu dukungan teknisi yang secara khusus memelihara jaringan yang tersedia sehingga mendukung optimalisasi pembelajaran ICT kepada siswa
Kata Kunci: Pengelolaan, Pembelajaran ICT
Download berkas