Penulis / NIM
APRIYANTI IPANGO / 131408009
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Apriyanti Ipango, 2012.Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Pengambilan Keputusan di MAN Insan Cendekia Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bapak Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd, selaku pembimbing I dan Ibu Besse Marhawati, M.Pd, selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui proses pengumpulan dan pengolahan data, dan selanjutnya menghasilan informasi Man Insan Cendekia Gorontalo. 2) Mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh teknologi informasi khususnya yang berhubungan dengan kualitas serta kecepatan akses informasi serta sebata acuan pengambilan keputusan yang ada di Man Insan Cendekia Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologis yakni peneliti memiliki pandangan secara luas dan berusaha memahami arti peristiwa dan kaitan-kaitannya terhadap objek dalam situasi tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknis analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Agar memperoleh hasil maksimal maka peneliti menggunakan teknik pengamatan, triangulasi.
Dari hasil analisis data dilihat bahwa : (1) pengumpulan data itu dilakukan dalam rangka untuk memferifikasi dan mengupdate data-data sekolah, perangkat guru, biodata siswa serta data-data lain yang berhubungan dengan kepentingan publikasi. Proses penginputan itu sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengelola, namun selanjutnya untuk menjaga kontinyuitas serta eksistensi teknologi informasi yang diterapkan di MAN Insan Cendikia Gorontalo, maka guru-guru dan semua elemen yang berada di MAN Insan Cendikia memiliki kewajiban untuk melakukan proses input data. (2) Pengelolaan teknologi informasi yaitu untuk mendukung operasi lembaga pendidikan, mendukung keperluan kepala sekolah, dan mendukung keunggulan strategis. (3)Bentuk-bentuk keputusan sebagaimana yang ditemukan dalam hasil penelitian ini adalah terkait dengan evaluasi guru, efektivitas kerja siswa, peran serta siswa dalam menggunakan pelayanan JIBAS serta kinerja pegawai yang ada di MAN Insan Cendikia, semua itu bentuk informasi yang menjadi bagian dari bentuk evaluasi.
Sebagai saran dalam penelitian ini adalah : 1) Bagi kepala sekolah dapat melakukan rancangan baru terhadap pengembangan Teknologi Informasi bila hal tesebut diperlukan. 2) Bagi guru memberikan tambahan pemahaman terhadap guru tentang pentingngya teknologi informasi dalam pengembangan sumber daya manusia. 3) Bagi siswa dapat mengetahui secara jelas peran teknologi informasi didalam era globalisasi masa sekarang. 4) Bagi peneliti Sebagai tambahan referensi untuk menyikapi peran teknologi dalam peningkatan mutu pendidikan di era globalisasi.
Kata kunci : teknologi informasi, pengambilan keputusan
Download berkas