Penulis / NIM
ARIFIN NARI TINA / 131408010
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Aripin Nari Tina. 2013. Peran Komite Sekolah dalam peningkatan partsipasi masyarakat di SMP Negeri 5 Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1). Drs Mohammad Polinggapo ,S. Sos, M.Pd. (2). Besse Marhawati, S.Pd, M,Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum tentang peran komite sekolah menengah pertama (SMP) Negeri 5 Wonosari, Dengan fokus penelitian : (1). Peran Komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan, (2). Peran Komite Sekolah sebagai pendukung, (3). Peran Komite Sekolah sebagai pengontrol, (4). Peran Komite sekoalah sebagai mediator. Berdasarka fokus maka peneliti dapat mendeskripsikan tujuan pnelitian sebagai berikut: Untuk mengetahui bagaimana peran komite sekolah dalam pemberian pertimbangan, sebagai pendukung, sebagai pengontrol dan sebagai mediator sekolah dan masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif tehnik pengumpulan data di lakukan dengan tiga cara yaitu observasi, .wawancara, dokumentasi. Pemilihan informan penelitian mengguanakan tehnik purposif sampling dan snowbell sampling. Data yang terkumpul di analsis secara deskriptif dengan alur (a) reduksi data, (b) pengkajian data, (c) penarikan kesimpulan atau perivikasi. Agar memperoleh hasil yang maksimal maka peneliti menggunakan tehnik kredibilitas, dependability, dan konfermabilitas.
Berdasarkan data yang di peroleh di lapangan maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan : 1). Peran komite sekolah sebagai pendukung yakni mendukung dalam pengambilan keputusan maupun dalam perencanaan pelaksanaan program sekolah. 2). Peran komite sekolah sebagai pendorong, yakni mendorong dalam segi pembangunan maupun pembelajaran di sekolah, 3). Peran komite sekolah sebagai pengontrol, yakni mengontrol/mengawasi pelaksanaan program sekolah yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan, 4). Peran komite sekolah sebagai mediator, yakni memediasi sekolah dengan masyarakat.
Saran yang dapat di kemukakan peneliti dari hasil penelitian: 1). Bagi kepala sekolah agar lebih memberdayakan peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan sebagai mediator antara sekolah dengan masyarakat, 2). Bagi Komite sekolah, agar dapat menjalin hubungan baik dengan masyarakat, dan bisa mensosialisasikan program-program yang di laksanakan di sekolah untuk memperoleh respon positif dari kalangan masyarakat luas, 3). Bagi masyarakat dan orang tua siswa, agar dapat memberikan dukungan secara moril maupun materil demi peningkatan kualitas mutu sekolah.
Kata Kunci : Komite Sekolah, Partisipasi Masyarakat.
Download berkas