Penulis / NIM
ASNI IBRAHIM TAHIJI / 131408014
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Asni Ibrahim Tahiji. 2012. Perilaku Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa di SD Negeri 2 Isimu Raya Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo,S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Asrin, M.Pd dan Pembimbing II: Besse Marhawati,S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang perilaku guru intrapersonal dan interpersonal serta dampak perilaku guru dalam memotivasi siswa di SDN 2 Isimu Raya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, fokus pada hal yang penting, menyajikan data yang telah direduksi, dan melakukan verifikasi data, dengan menyimpulkan keseluruhan data dan menyusunnya dalam bentuk laporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku guru dalam memotivasi belajar siswa di SDN 2 Isimu Raya pada perilaku intrapersonal guru ditunjukkan dengan adanya perilaku yang berbeda dalam menghadapi siswa dengan karakter yang berbeda-beda, ada guru yang lemah lembut, ada juga guru yang memiliki karakter agak keras sehingga ditakuti siswa. Dengan sikap yang berjiwa besar dan memiliki konsep diri yang baik, guru akan dapat mengerti dan memahami karakter anak. Adanya beberapa masalah yang dihadapi dan harus diatasi guru dalam kelas. Dengan kemampuan berkonsentrasi semua masalah akan bisa dihadapi. Adanya pemberian reward oleh guru yang memotivasi belajar siswa. Dalam perilaku interpersonal pada hubungan interaksi guru dengan siswa, ditunjukkan dengan pendekatan PAKEM yang digunakan guru dimana terjadi interaksi langsung maupun tidak langsung. Pada komunikasi guru dengan kepala sekolah, dengan guru lainnya dan juga dengan siswa, terjadi komunikasi yang efektif. Pada dampak perilaku guru dalam memotivasi belajar siswa, terjadi peningkatan motivasi intrinsik dan ekstrinsik pada diri siswa yang juga berdampak pada hasil belajar siswa yang meningkat. Adanya dampak pembiasaan sikap disiplin pada siswa untuk menciptakan kenyamanan belajar akan menjadi teladan bagi siswa. Untuk itu kepada kepala sekolah sebagai pemimpin harus meningkatkan integritas kepribadian agar dapat memiliki perilaku yang menjadi panutan oleh seluruh warga sekolah. Kepada guru untuk memiliki konsep diri yang baik atau positif yang akan berdampak pada perilaku yang positif pula dalam menghadapi siswa. Untuk siswa agar meneladani sikap dan perilaku yang positif baik dari orang tua maupun dari guru di sekolah.
Kata Kunci : Perilaku intrapersonal, Perilaku interpersonal, Motivasi.
Download berkas