SKRIPSI

Penulis / NIM
BURHAN RAHMAN / 131408016
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
ABSTRAK Burhan Rahman. 2014. Persepsi tentang Kinerja Guru Hubungannya dengan Motivasi Belajar Siswa Di SDN Se-Kecamatan Asparaga. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Drs. Hi. M. Polinggapo, S.Sos, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Dr. Arwildayanto, S.Pd, M.Pd. Rumusan penelitian adalah bagaimana persepsi tentang kinerja guru hubungannya dengan motivasi belajar siswa di sekolah dasar negeri di Kecamatan Asparaga. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kinerja guru dan motivasi belajar siswa di sekolah dasar negeri di Kecamatan Asparaga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan Angket. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VI SD yaitu 228 orang dengan pengambilan sampel menggunakan Random Sampling yang berjumlah 70 orang siswa. Teknik pengumupulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi yang diperoleh yaitu =62,71+0,20x. Hal ini menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu satuan variabel X (kinerja guru) maka akan diikuti dengan kenaikan 0,20 satuan pada variabel Y (motivasi belajar siswa). Regresi antara variabel X (kinerja guru) dan variabel Y (motivasi belajar siswa) berbentuk regresi linear. Dari persamaan regresi menunjukkan bahwa koelasi antara persepsi siswa terhadap kinerja guru hubungannya dengan motivasi siswa hanya 6,25% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil peneltiian, saran-saran yang diajukan yaitu: (1) untuk lebih meningkatkatkan kinerjanya dalam memberikan motivasi kepada siswa khususnya dalam belajar, maka diharapkan produktivitas siswa dalam menguasai mata pelajaran dapat ditingkatkan; (2) motivasi siswa dalam belajar bukan hanya dipengaruhi oleh faktor kinerja guru tetapi juga banyak faktor internal dan eksternal lainnya di antaranya aktivitas lain di luar jam sekolah. Untuk dapat meningkatkan motivasi siswa, maka siswa harus mampu memanage aktivitas-aktivitas lain untuk kemajauan atau perkembangan diri di antaranya lingkungan dan cara belajar siswa. Kata kunci: kinerja guru, motivasi belajar, siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011