Penulis / NIM
DEWI SETIAWATI M. DG. MALANYE / 131408021
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK
Dewi setiawati M. Dg. Malanye. 2012. Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa (Studi Khasus di SMK Negeri 1 Gorontalo) Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2012, Pembimbing I Dr. Fadliah, M.Si dan Pembimbing II Arifin M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Program-program pengembangan pendidikan karakter, 2) Pelaksanaan program pendidikan karakter, 3) Dampak Program pendidikan karakter di SMK Negeri 1 Gorontalo, penelitian ini menggunakan metode kualitatif rancangan studi kasus dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Program-program pengembangan pendidikan karakter a) religius b) toleransi c) disiplin d) mandiri e) peduli lingkungan. (2) pelaksanaan Program, a) religius: sholat dzuhur diawali dengan kultum, guru diwajibkan memulai dan menutup pembelajaran dengan berdoa, senyum, sapa, salam, santun, salawat kepada guru, memperingati hari-hari besar keagamaan diadakan lomba adzan, seni baca Al-Qu’ran, b) toleransi: guru selalu mengajarkan siswa agar menghargai pemeluk agama lain, pendapat orang lain, saling membantu, berpartisipasi dalam acara keagamaan, c) disiplin: sudah dilaksanakan setiap hari, akan tetapi belum sepenuhnya terlaksana masih ada siswa yang melanggar disiplin sekolah, d) mandiri: kegiatan akademik di cantumkan dalam RPP dan Silabus, kegiatan ekstrakurikuler berupa kegiatan pramuka, olahraga, kewirausahan, e) peduli lingkungan sudah dilaksanakan seluruh siswa pada saat siswa masuk di lingkungan sekolah siswa diwajibkan untuk mengangkat sampah, kami sangat mengutamakan kebersihan lingkungan. (3) Dampak Program pendidikan karakter sudah banyak siswa terhidar dari perilaku yang negatif, dari kelima nilai-nilai pendidikan karakter tersebut baik dari program religius, toleransi , disiplin, mandiri dan peduli lingkungan, ditunjukan siswa dengan berbagai aktivitas yang meningkat dari biasanya.
Untuk itu disarankan: (1) peneliti menyarankan bagi pihak sekolah agar lebih mengembangkan nilai-nilai dari pendidikan karakter terutama nilai religius, toleransi, disiplin lebih ditingkatkan lagi, mandiri dan peduli lingkungan yang sudah diberikan langsung tanggung jawab dari Dinas Pendidikan Kota Gorontalo, (2) diharapkan kepada guru-guru agar tidak hentinya menanamkan nilai-nilai karakter bagi siswa, dan selalu memberikan motivasi agar siswa bisa lebih semangat dalam proses pembelajaran, (3) bagi siswa diharapkan bisa lebih menanamkan nilai-nilai religius, toleransi, mematuhi disiplin sekolah, bisa mandiri, bisa menjaga lingkungan agar tetap bersih, dapat mengimplementasikan dilingkungan masyarakat, lingkungan sekolah maupun keluarga untuk bisa membangun pribadi kita agar memiliki karakter yang baik untuk masa depan.
Kata kunci: pengembangan, pendidikan karaktrer, siswa
Download berkas