Penulis / NIM
DIANA NURJAM / 131408022
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Diana Nurjam, “Strategi Kepala Sekolah Dalam meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairat Kota Gorontalo”. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.Tahun 2012. Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Ansar Made, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Marhawati. S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendapatkan gambaran tentang identifikasi faktor internal penyusunan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairat Kota Gorontalo, (2) Untuk mengetahui identifikasi faktor Eksternal penyusunan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairat Kota Gorontalo, (3) Untuk mengetahui bagaimana strategi-strategi prioritas dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairat Kota Gorontalo .
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan analisis SWOT dan reduksi data, penyajian data.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairat Kota Gorontalo dilihat dari faktor internal kekuatan dan kelemahan bahwa masih kekurangangan tenaga pengajar akan tetapi kepala sekolah mengambil strategi dengan dilakukan kegiatan rekruitmen yaitu usaha untuk mencari dan mendapatkan calon-calon guru yang memenuhi syarat sebanyak mungkin untuk dipilih calon guru mata pelajaran terbaik dan tercakap kemudian faktor eksternal peluang dan tantangan sudah dilaksanakan dengan baik dengan adanya dukungan dari pemerintah dan masysarakat. Serta strategi-strategi prioritas yang diambil oleh kepala sekolah antara lain pelaksanaan program dan pemberian penghargaan (reward) guna meningkatkan kinerja guru.
Untuk itu di sarankan : (1)Saran bagi kepala sekolah agar lebih memperhatikan dan meninjau kembali strategi yang diambil dalam upaya meningkatkan kinerja guru. (2)Saran bagi guru untuk semua guru- guru yang ada di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Alkairaat Kota Gorontalo bekerja lebih giat lagi, professional dan menyadari akan pentingnya kinerja guru. (3)Saran bagai peneliti sebagai kontribusi bagi penelitian pendidikan untuk peneliti selanjutnya khususnya mahasiswa jurusan manajemen pendidikan untuk dapat mengembangkan, mengamati secara maksimal dan meneliti strategi, faktor internal, faktor eksternal dan strategi-strategi prioritas dalam meningkatkan kinerja guru
Kata Kunci: Strategi, Kinerja Guru
Download berkas