Penulis / NIM
ECEN U.D. UNO / 131408025
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MEITY MONONIMBAR, M.Pd / 0024055602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Ecen U. D. Uno. 2013. Partisipasi Komite Sekolah dalam Pengembangan Sekolah di Desa Terpencil di SDN 12 Bongomeme, Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. S1 Program Studi Manajemen Pendidikan. Pembimbing I : Dra. Meity Mononimbar, M.Pd dan Pembimbing II : Besse Marhawati, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran partisipasi komite sekolah dalam pengembangan sekolah di desa terpencil di SDN 12 Bongomeme Kecamatan Bongomeme sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan mediator. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data mentah, mengorganisasikannya, memilih hal yang pokok dan menyajikan data yang telah direduksi, dan melakukan verifikasi data dengan menyimpulkan keseluruhan data dan melaporkannya dalam bentuk skripsi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Partisipasi komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan ditunjukan dengan adanya saran dan masukan untuk kelengkapan fasilitas belajar seperti buku pelajaran dan media pembelajaran, meminjamkan buku pelajaran untuk siswa, pemberian PR yang tidak terlalu membebani siswa karena terbatasnya kemampuan orang tua, dan masukan untuk pengelolaan anggaran sekolah dalam penyusunan perencanaan anggaran sekolah; 2) Partisipasi komite sekolah sebagai pendukung ditunjukkan dengan adanya dukungan terhadap tenaga kependidikan, sarana dan prasarana sekolah, dan pengelolaan anggaran, mobilisasi bantuan untuk pembuatan lapangan voli, dan mobilisasi dana lima ribu rupiah persemester yang dilakukan sesuai dengan kemampuan masyarakat, tapi mobilisasi ini tidak dapat dilanjutkan karena adanya larangan dari pemerintah untuk melakukan pungutan kepada masyarakat; 3) Partisipasi komite sekolah sebagai pengontrol ditunjukan dalam pemberian saran pada perencanaan pendidikan dan ikut mengesahkan rencana kerja dan anggaran sekolah bersama kepala sekolah, tapi komite sekolah perlu melakukan peningkatan pengawasan pada perencanaan pendidikan dan pengambilan keputusan serta melakukan evaluasi program sekolah.; 4) Partisipasi komite sekolah sebagai mediator ditunjukkan dengan adanya peran komite sekolah yang mengidentifikasi aspirasi masyarakat dan menyampaikan kebijakan dan program sekolah kepada orang tua siswa pada rapat sekolah.
Untuk itu disarankan: 1) Bagi Dinas Pendidikan agar memberikan pembinaan terhadap peningkatan keterampilan kepala sekolah untuk meningkatkan partisipasi komite sekolah; 2) Bagi kepala sekolah, hendaknya meningkatkan hubungan dan komunikasi bersama komite sekolah demi pengembangan sekolah; 3) Bagi komite sekolah agar mendukung program dan kegiatan sekolah serta meningkatkan peran dan fungsi komite sekolah; 4) Bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh demi menimbulkan semangat dan motivasi komite sekolah untuk berpartisipasi di sekolah.
Kata Kunci : Partisipasi, Komite Sekolah.
Download berkas