Penulis / NIM
EKA SUSANTI ISMAIL / 131408026
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Eka Susanti Ismail. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekota Gorontalo . Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Asrin, M.Pd, Pembimbing II: Besse Marhawati, S,Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja guru di SMP Negeri sekota Gorontalo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan yaitu 1) angket dan 2) wawancara, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan analisis regresi. Dengan hipotesis yang diuji yaitu; 1) H0 : ? ? 0X (kecerdasan emosional) tidak berpengaruh terhadap variabel Y (kinerja guru), 2) Ha : ? ? 0X (kecerdasan emosional) berpengaruh terhadap variabel Y (kinerja guru).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bahwa kinerja guru SMP Negeri sekota Gorontalo berada pada klasifikasi cukup dengan persentase 77.95%. hal ini menunjukkan bahwa kinerja guru cukup baik. Secara umum kecerdasan emosional kepala SMP Negeri sekota Gorontalo berada pada klasifikasi cukup dengan persentase 80.35%, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional kepala sekolah baik.Terdapat pengaruh yang berarti kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri sekota Gorontalo. Tingkat pengaruhnya yaitu sebesar 69%.
Terkait temuan di atas maka disarankan beberapa hal sebagai berikut: 1) kecerdasan emosional kepala sekolah yang baik perlu terus dipelihara dan dikembangkan sehingga menjadi salah satu factor yang dapat meningkatkan kinerja guru, 2) kepala sekolah perlu terus melakukan pembinaan terhadap guru dengan sikap yang ramah dan bersahabat baik melalui supervisi atau pendekatan lainnya sehingga diharapkan mampu mengoptimalkan kinerja guru dalam pembelajaran, dan 3) kepala sekolah perlu memberikan penghargaan terhadap guru yang memiliki kinerja baik sebagai salah satu bentuk pengakuan kepala sekolah atas kinerja yang dihasilkan guru.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kinerja Guru
Download berkas