Penulis / NIM
ELIYANA SYAMSUDIN / 131408029
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Eliyana, Syamsudin. 2012. Pengelolaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di SMK Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd; (II) Warni. T. Sumar, S.Pd, M.Pd.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan praktek kerja industri (prakerin) di SMK Negeri 2 Gorontalo Kota Gorontalo tentang : (1) Untuk mengetahui gambaran perencanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di SMK Negeri 2 Gorontalo Kota Gorontalo, (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di SMK Negeri 2 Gorontalo Kota Gorontalo, (3) Untuk mengetahui gambaran evaluasi Praktek Kerja Industri (Prakerin) di SMK Negeri 2 Gorontalo Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: (1) observasi; (2) wawancara; (3) dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekkan keabsahan data menggunakan: (1) kredibilitas (credibility); (2) transferabilitas (transferability); (3) dependabilitas (dependability); (4) konfirmabilitas (confirmability).
Hasil penelitian: (1) perencanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) terdiri dari rapat persiapan prakerin, pembentukan panitia pelaksana prakerin, penyusunan kegiatan prakerin, dan biaya prakerin; (2) pelaksanaan Praktek Kerja Indsutri (Prakerin) terdiri atas persiapan prakerin, pembekalan/coaching, pelepasan peserta prakerin, waktu pelaksanaan prakerin, monitoring dan penarikan peserta prakerin; (3) evaluasi Praktek Kerja Industri (Prakerin) terdiri dari pelaksanaan penilaian, aspe-aspek penilaian, laporan kegiatan.
Saran-saran sebagai beriut: (1) Untuk sekolah, harus lebih cermat mengamati perkembangan dan kebutuhan yang ada, agar sekolah dapat menyusun rencana prakerin dalam menghasilkan lulusan yang terampil dan profesional; (2) untuk pelaksana prakerin mengadakan pelatihan bagi Dunia Usaha/Industri (DU/DI) agar mampu mengembangkan kompetensi yang dimiliki untuk diterapkan kepada peserta prakerin, kendala-kendala yang ada harus cepat diselesaikan dibicarakan antara guru pembimbing dan pokja prakerin untuk menemukan solusinya agar pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar; (3) untuk guru pembimbing, monitoring yang dilakukan guru pembimbing diharapkan lebih efisien lagi, perlu adanya komitmen dari guru pembimbing untuk memonitor pelaksanaan prakerin siswa di DUDI secara intensif; (4) untuk siswa, memahami situasi kerja di Dunia Usaha/Industri (DU/DI), meningkatkan kemampuan kompetensi yang didapatkan di sekolah dan di di dunia industri agar dapat di terapkan sesuai kompetensinya.
Kata kunci: pengelolaan, praktek kerja industri (prakerin)
Download berkas