Penulis / NIM
EMI NUSI / 131408030
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Emi Nusi. Pengelolaan Kelas di Sekolah Dasar se Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo, Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan 2012. Pembimbing I Dr Asrin MPd dan Pembimbing II Warni Tune Sumar SPd. MPd
Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran yang riil mengenai Pengelolaan Kelas di Sekolah Dasar se Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo dengan mengkaji empat indikator yakni: Mendesain kelas, mengorganisasikan kelas, memonitoring dan mengevaluasi kelas.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif sampel penelitian berjumlah 30 guru. Tehnik pengumpulan data yaitu angket, observasi dan dokumen. Data dalam penelitian dianalisis dengan rumus persentase (%)
Hasil penelitian menujukan bahwa Pengelolaan Kelas di Sekolah Dasar se Kecamatan Limboto Kabupaten Gororntalo. Meliputi: (1) Mendesain kelas berada dalam kategori baik . Namun perlu ditingkatkan lagi karena masih sebagaian guru belum mampu mendesain kelas, (2) Mengorganisasikan kelas dalam kategori baik. Namun perlu ditingkatkan lagi kearah yang lebih baik, sebab sesuai hasil olahan data masih sebagaian besar guru belum mampu mengorganisasikan kelas dalam proses pembelajaran. (3) Memonitoring dan mengevaluasi kelas berada dalam kategori baik. Namun perlu ditingkatkan lagi, sebab masih sebagaian guru belum mampu mengontrol kelas dalam kegiatan belajar mengajar.
Untuk itu disarankan(1). Untuk kepala sekolah diharapkan lebih ditingkatkan pembinaan dan pengawasan terhadap kinerja guru dalam mengajar (2). Untuk guru diharapkan lebih ditingkatkan lagi kemampuannya dalam pengelolaan kelas (3). Untuk peneliti diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dalam pengelolaan kelas.
Kata Kunci: Mendesain, Mengorganisasikan, memonitoring dan mengevaluasi
Download berkas