Penulis / NIM
ENDRIK MURSALIN BABUTA / 131408033
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
ABSTRAK
Endrik Mursalin Babuta. 2012. Pelayanan Prima di Kantor Cabang Dinas Diknas Kecamatan Bilato. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Hi. M. Polinggapo, S.Sos, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Arwildayanto, SPd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk pelayanan prima untuk mencapai kepuasan pelanggan di Cabang Dinas Diknas Kecamatan Bilato, untuk mengetahui kecepatan dan ketepatan pelayanan prima di Cabang Dinas Diknas Kecamatan Bilato, dan untuk mengetahui etika pelayanan prima di Cabang Dinas Diknas Kecamatan Bilato
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Bentuk pelayanan prima di Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Bilato berdasarkan konsep pendekatan sikap yaitu melayani dengan ramah dan dengan senyuman, perhatian pada saat ada keluhan dan kebutuhan guru dan tindakan yaitu menyelesaikan apa yang dibutuhkan dan dikeluhkan oleh guru, sehingga dapat memberikan kepuasan para pelanggan yang datang. Namun yang menjadi hambatan yaitu kurangnya staff pegawai dan sarana pendukung untuk melaksanakan pelayanan, 2) Kecepatan pelayanan di Kantor cabang dinas pendidikan Kecamatan Bilato dapat dilaksanakan berdasarkan prosedur yang berlaku, akan tetapi pihak Kantor cabang dinas pendidikan Kecamatan Bilato memberikan pelayanan lebih cepat terhadap kebutuhan pegawai yang sangat mendadak. Adapun ketepatan pelayanan memberikan pelayanan sesuai kebutuhan dan sesuai permintaan, 3) Etika pelayanan oleh pihak Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Bilato selalu memperhatikan penampilan, kesopanan dan keramahtamahan pelayanan guna mencapai kepuasan pelanggan. Kenyamanan dalam memperoleh pelayanan. Berkaitan dengan lokasi, ruang dan tempat pelayanan, kemudahan menjangkau, tempat parker kendaraan, ketersediaan informasi, dan petunjuk-petunjuk.
Saran dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagi Kepala cabang dinas pendidikan Kecamatan Bilato seyogyanya dapat lebih meningkatkan ketepatan, kecepatan serta etika dalam memberikan pelayanan agar tujuan pendidikan yang dicanangkan bersama dapat terwujud, 2) Bagi staff pegawai di Dinas Pendidikan Kecamatan Bilato, agar lebih berkompetensi dalam melakukan pelayanan terhadap pelanggan dalam hal ini guru di Kecamatan Bilato, 3) Disarankan kepada peneliti selanjutnyan untuk mengkaji faktor lain yang kiranya berhubungan dengan manajemen kepemimpinan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Bilato.
Kata kunci : Pelayanan Prima.
Download berkas