Penulis / NIM
ENI ERNAWATI / 131408034
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Eni Ernawati. NIM 131 408 034. Hubungan Kreativitas Guru Mengajar Dengan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 1 Wonosari Kabupaten Boalemo. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2013. Pembimbing I Dr. Hj. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd dan Pembimbing II Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd.
Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kreativitas guru mengajar dan motivasi belajar siswa di SMPN 1 Wonosari, serta Hubungan kreativitas guru mengajar dengan motivasi belajar siswa di SMPN 1 Wonosari Kabupaten Boalemo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Penelitian ini dirancang untuk mendeskripsikan hubungan antara kreativitas guru mengajar dengan motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 53 orang siswa, dan anggota sampel ditetapkan melalui teknik sampel berimbang. Data dalam penelitian ini dijaring dari responden melalui angket.
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa: (1)Kreativitas guru mengajar Di SMP Negri 1 Wonosari berada pada klasifikasi baik ditunjukkan dengan presentase sebesar 73,87%. (2) Motivasi belajar siswa di SMP Negri 1 Wonosari berada dalam kategori baik, hal ini ditunjukkan dengan presentase yg diperoleh sebesar 74,29% dari skor maksimum (3) Hubungan kreativitas guru mengajar dengan motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo dalam bentuk persamaan regresi Linear sederhana yaitu : ? = 15,71 + 0,85X. Untuk harga hubungan antara variabel kreativitas guru mengajar dengan motivasi belajar siswa, dari hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi r = 0,75 yang ternyata cukup berarti (signifikan), sehingga tidak dapat diabaikan. Harga ini bila ditafsirkan melalui koefisien diterminasi (r2 = 0,5625) menunjukkan bahwa hubungan kreativitas guru mengajar dengan motivasi belajar siswa kurang lebih 56,25 % . Dengan skor motivasi belajar siswa hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung lebih besar dibandingkan dengan t daftar, maka berarti t hitung telah berada diluar daerah penerimaan Ho, implikasinya bahwa hipotesis alternatif yang berbunyi : “Terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas guru mengajar terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo dapat diterima dengan 99%.
Download berkas