SKRIPSI

Penulis / NIM
FATMAH D. KALUKU / 131408040
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK Fatmah D. Kaluku. 2012. Otonomi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Mutu Pembelajaran di SDN 2 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Asrin, M.Pd, Pembimbing II : Warni T. Sumar, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan otonomi kepala sekolah dalam pengembangan program pembelajaran di SDN 2 Botumoputi kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, 2) mendeskripsikan otonomi kepala sekolah dalam pengembangan materi di SDN 2 Botumoputi kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, 3) mendeskripsikan otonomi Kepala Sekolah Dalam Penilaian Pembelajaran di SDN 2 Botumoputi kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Otonomi kepala sekolah dalam pengembangan program pembelajaran di SDN 2 Botumoputi kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo diaktualisasikan melalui kebijakan kepala sekolah dalam pengembangan program tahunan, program semester, serta pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran, 2) otonomi kepala sekolah dalam pengembangan materi pembelajaran, diaktualisasikan melalui upaya kepala sekolah dalam pengembangan materi bahan ajar, pengembangan metode pembelajaran, pengembangan media pembelajaran, dan pengembangan scenario pembelajaran, 3) Otonomi kepala sekolah dalam penilaian, dilakukan melalui pengembangan instrument penilaian dan pemanfaatan hasil penilaian sebagai rujukan atau kriteria dalam penetapan naik tinggal, penetapan siswa yang berperstasi, serta sebagai bahan analisis dan kajian untuk pengadaan sarana penunjang yang diperlukan sekolah. Disarankan; 1) Guru diharapkan dapat melakukan pengembangan program pembelajaran melalui penyusunan program tahunan, program semester dan RPP yang dilaksanakan di sekolah perlu diikuti dengan kegiatan reviu setiap semester untuk mengetahui tingkat efektivitas pelaksanaan kurikulum rentang setiap semester, 2) kepala sekolah perlu memfasilitasi guru dalam melakukan pengembangan materi bahan ajar dengan memberikan dukungan dana yang memadai sehingga pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan mencapai target yang diharapkan Kata Kunci : Otonomi, Mutu, Pembelajaran
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011