SKRIPSI

Penulis / NIM
FATMAWATY LIMONU / 131408043
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
ABSTRAK Fatmawaty Limonu. 2012. Penguatan Budaya Sekolah di SDN 1 Dunggala Kabupaten Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Prof. Dr. Hi. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Arwildayanto, M.Pd. Adapun tujuan penelitiannya adalah Untuk mengetahui Visi dan Misi Sekolah untuk menyamakan ide-ide dalam pencapaian tujuan sekolah dan penguatan budaya sekolah. Untuk mengetahui nilai, keyakinan dan artefak (simbol-simbol) untuk memperkuat keunikan sekolah. Untuk memberikan gambaran tentang sistem reward dalam penguatan budaya sekolah. Dan Untuk mengetahui Penampilan Budaya Sekolah di SDN 1 Dunggala Kabupaten Gorontalo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu; 1) Pengembangan budaya sekolah di SDN 1 Dunggala sejalan dengan visi misi dan tujuan sekolah sebab visi misi sekolah merupakan acuan dari setiap kegiatan yang dilaksanakan termasuk pengembangan budaya sekolah, mengarahkan seluruh elemen yang ada di sekolah untuk pencapaian visi dan misi, maka dilakukan hal-hal sebagai berikut; memberikan rekomondasi serta membantu para guru untuk melanjutkan studi minimal program Sarjana, Melaksanakan kegiatan keagamaan secara rutin, seperti; shalat dzuhur berjama’ah di sekolah, melaksanakan peringatan hari-hari besar Islam di sekolah, menegakkan disiplin sekolah, antara lain apel masuk pagi hari dan pada saat jam keluar, dan melakukan supervisi secara rutin dan intensif dan melakukan evaluasi terhadap hasil supervisi. 2) Budaya sekolah yang diwujudkan dengan adannya nilai, keyakinan serta artefak sekolah untuk memberi penguatan keunikan sekolah telah berjalan dengan lancar, hal ini dikarenakan sekolah berorientasi pada tujuan memajukan sekolah secara bersama-sama. 3) Sistem reward untuk penguatan budaya sekolah telah dilakukan oleh pihak SDN 1 Dunggala melakukan budaya sekolah dengan sistem reward terhadap guru dan siswa, untuk siswa memberikan hadiah bagi siswa yang berprestasi pada masing-masing kegiatan yang dilombakan serta pada laporan hasil belajar siswa, bagi guru berupa tambahan pemberian insentif atas hasil kerjanya, pemberian penghargaan melalui ukuran penilaian kinerja dilakukan untuk lebih mengoptimalkan kinerja para guru di sekolah. 4) Penampilan budaya sekolah tercermin dari kegiatan maupun perencanaan sekolah yang dilaksanakan, budaya sekolah di SDN 1 Dunggala adalah pengembangan budaya disiplin, budaya keagamaan, budaya seni, budaya kebersihan dan budaya tradisional Saran dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagi kepala sekolah agar mempertahankan dan meningkatkan budaya sekolah yang telah dilaksanakan agar terjaganya terciptannya sekolah yang berkualitas, kompetitif dan inofatif berdasarkan Imtaq dan Iptek, 2) Bagi guru hendaknya mendukung pelaksanaan budaya sekolah yang dilaksanakan dan lebih memaksimalkan kinerja dalam proses kegiatan di sekolah, 3) Bagi siswa hendaknya senantiasa melaksanakan seluruh program penguatan budaya sekolah yang telah dicanangkan oleh sekolah sehingga penguatan budaya sekolah dapat berjalan dengan efektif. Kata Kunci : Penguatan, Budaya Sekolah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011