Penulis / NIM
FEMI LAHATI / 131408045
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Femi Lahati.2012. Koordinasi Sekolah dengan Pemerintah Desa dalam Peningkatan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Dasar Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I,Dr. Fadliah, M.Si,Pembimbing II :Warni T. Sumar, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran:(1) mekanisme koordinasi sekolah dengan pemerintah desa dalam peningkatan sarana dan prasarana pendidikan,(2) bentuk koordinasi sekolah dengan pemerintah desa dalam peningkatan sarana dan prasarana pendidikan,(3) kendala yang dihadapi sekolah dalam melakukan koordinasi dengan pemerintah desa untuk meningkatkansarana dan prasarana pendidikan di sekolah dasar Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yangdidasarkan pada pengumpulan data dengan teknik wawancara,observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa;1)mekanisme koordinasi sekolah dengan pemerintah desa dalam peningkatan sarana dan prasarana pendidikan dengan melakukan pertemuan persuasif yang di laksanakan secara terjadwal guna mengetahui berbagai kebutuhan sekolah sehingga menjadi salah satu bahan pemikiran bagi pemerintah desa untuk memberikan bantuan dengan kemampuan yang di miliki oleh pemerintah desa. dalan bidang sarana berupa fasilitas Alat peraga, kursi, meja,lemari dan bangku dan prasarana berupa pagar dan pengadaan mck di Sekolah Dasar Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo,2) bentukkoordinasi sekolah dengan pemerintah desa dalam peningkatan sarana dan prasarana pendidikan di lakukan dengan cara bertemu langsung dengan pemerintah desa dan melibatkan semua guru,unsur komite,dan orang tua siswa,guna memperoleh hasil yang maksimal dalam peningkatan sarana dan prasarana yang akan di gunakan untuk mendukung proses pembelajaran diSekolah Dasar Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo,3) kendala yang dihadapi sekolah dalam melakukan koordinasi dengan pemerintah desa dimana setiap hasil kesepakatan rapat yakni terjadi pro kontra kebijakan yang di keluarkan oleh pihak sekolah dengan dasar adanya program pemerintah pendidikan gratis.di Sekolah Dasar Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo.
Disarankan; 1) bagi pemerintah desa hasil penelitian diharapkan mampu meningkatkan peran pemerintah desa dalam membantu pengadaan sarana dan prasarana sekolah dasar sehingga mengoptimalkan kegiatan pendidikan di sekolah,2) sekolah hasil penelitian ini diharapkan mampu membantu mengatasi masalah yang dihadapi sekolah terutama yang berhubungan dengan sarana dan prasarana yang kurang memadai,3)kepala sekolah diharapkan menjadi salah satu motivasi untuk memanfaatkan sumber daya dan potensi yang dimilikinya serta mengkoordinasikan kekurangan yang dimiliki tersebut dengan pemerintah desa,4)peneliti hasil penelitian ini sangat bermanfaat untuk melatih berpikir ilmiah dalam menganalisis masalah-masalah pendidikan khususnya yang berhubungan dengan peningkatan sarana dan prasarana sekolah.
Kata Kunci: Koordinasi, Sarana Pendidikan
Download berkas