SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRIANTI DELUMA / 131408047
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MEITY MONONIMBAR, M.Pd / 0024055602
Abstrak
ABSTRAK Fitrianti Deluma 2012. Efektifitas pelaksanaan supervisi pembelajaran di SMP Negeri 1 Suwawa di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bonebolango. Skripsi S1 Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd selaku pembimbing 1 dan Dra. Meity Mononimbar, M.Pd selaku pembimbing II. Pelaksanaan supervisi pembelajaran sangat penting karena dapat mengantisipasi berbagai masalah guru dalam pembelajaran sehingga kemampuan guru dalam mengajar dapat ditingkatkan.Kondisi ini mengingat bahwa penerapan supervisi pembelajaran menganut asas demokratis, terbuka dan manusiawi. Namun kenyataannya belum semua kepala sekolah melaksanakan sesuai dengan prosedur, sehingga yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pelaksanaan supervisi pembelajaran di SMP Negeri 1 Suwawa, Kabupaten Bonebolango Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana 1) perencanaan supervisi pembelajaran, 2) pelaksanaan supervisi pembelajaran, 3) tindak lanjut supervisi pembelajaran di SMP Negeri 1 Suwawa, Kabupaten Bonebolango.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan satu variabel.Populasinya adalah seluruh guru SMP Negeri 1 Suwawa yang berjumlah 34 orang.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai tehnik utama, observasi dan wawancara sebagai penunjang.Sedangkan tehnik analisis data adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tehnik presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektifitas pelaksanaan supervisi pembelajaran di SMP Negeri 1 Suwawa memperoleh rata-rata presentase sebesar 61,93 % . Hasil ini merupakan akumulasi dari indikator melaksanakan pertemuan awal sebesar 65,50 %, observasi kelas sebesar 59,86 %, melaksanakan pertemuan balikan sebesar 53,31 %. Degan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi pembelajaran belum efektif. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk lebih meningkatkan pengawasan, serta pemahaman mengenai peran, fungsi, tujuan, maupun manfaat dari adanya pelaksanaan supervisi pembelajaran di sekolah, agar tujuan supervisi dapat terwujud sesuai yang diharapkan. Kata kunci: efektifitas, supervisi pembelajaran
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011