Penulis / NIM
QIFLI RAHMAN BANTU / 131408048
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Qifli Rahman Bantu. 2012. Program Pengembangan Pendidikan Karakter Santri di Pondok Pesantren Hidayatullah Marisa. Strata I. Jurusan Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. Hi. Abd. Kadim Masaong, M.Pd, Pembimbing II, Intan abd Razak, S.Ag, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui gambaran perencanaan pengembangan pendidikan karakter, 2) Untuk mengetahui bagaimana implementasi program pengembangan pendidikan karakter, 3) Untuk mengetahui bentuk evaluasi program pengembangan pendidikan karakter, 4) Untuk mengetahui keberlanjutan program pengembangan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisisi data menggunakan analisis narasi (kualitatif).
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Tujuan pelaksanaan program adalah untuk meningkatkan nilai karakter santri yaitu bersikap jujur, disiplin, sopan santun, sabar, menepati janji, amanah, tanggung jawab, saling menghargai dan selalu bersyukur. 2) Langkah-langkah yang dilakukan dalam implementasi program yaitu pondok pesantren Hidayatullah mengadakan kegiatan keagamaan. 3) Santri memiliki kemampuan membaca Al-Quran dengan baik, santri sudah terbiasa menghafal Al-Quran dan Hadits, santri lebih aktif melakukan sholat berjamaah, santri melakukan sholat lail berjamaah, santri melakukan puasa sunnah. 4) keberlanjutan program pengembangan pendidikan karakter santri dilakukan secara terus menerus dan lebih ditingkatkan pembinaannya.
Untuk itu disarankan: 1) Hendaknya Kementrian Agama menekankan kepada yayasan pondok pesantren yang ada, harus mengefektifkan pelaksanaan program pengembangan pendidikan karakter kepada santri. 2) Hendaknya ketua yayasan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program pengembangan pendidikan karakter santri. 3) Hendaknya pengurus yayasan pondok pesantren hidayatullah lebih meningkatkan pembinaan kepada santri yang bermasalah. 4) Hendaknya santri mengikuti dengan baik semua program yang ada, serta mengaplikasikan ilmu yang diperoleh.
Kata Kunci: Program, Pengembangan, Karakter
Download berkas