SKRIPSI

Penulis / NIM
HASNA USMAN / 131408061
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK Hasna Usman. 2012. Sistem Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kelas Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Program Studi Manajemen Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Fadliah, M.Si dan Pembimbing II Arifin, S.Pd, M.Pd. Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui Input evaluasi pembelajaran berbasis kelas di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu, Proses waktu evaluasi pembelajaran berbasis kelas di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu dan Output evaluasi pembelajaran berbasis kelas di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu; 1) Input evaluasi pembelajaran berbasis kelas di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu sudah berjalan dengan baik ditinjau dari segi kesiapan dan kesesuaian instrument evaluasi dengan tujuan pembelajaran dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kesesuaian bentuk dan jenis evaluasi dengan tujuan pembelajaran, kesesuaian bentuk dan jenis soal yang dilakukan oleh guru di Madrasah Aliyah Muhammadiya Isimu telah dipadukan dengan perkembangan peserta didik, serta kesiapan semua jenis instrument yang diperlukan dalam kegiatan evaluasi namun pemahaman guru tentang aspek-aspek evaluasi berbasis kelas masih kurang tetapi tidak menghambat pelaksanaan evaluasi pembelajaran karena selalu diarahkan oleh kepala sekolah, 2) Proses evaluasi pembelajaran berbasis kelas di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu yaitu penggunaan instrument di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu hanya untuk mengetahui hasi belajar peserta didik artinya mengukur kemampuan peserta didik bahwa sejauhmana ilmu yang diterima selama proses pembelajaran berlangsung sedangkan Pelaksanaan evaluasi telah berjalan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh guru-guru di sekolah, hasil capaian tujuan tersebut dapat dilihat dengan skor hasil pengisian instrument oleh peserta didik, 3) Output evaluasi pembelajaran berbasis kelas di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu harus mencapai target kriteria ketuntasan minimal sehingga bila peserta didik tidak mencapai target tersebut maka diadakan remedial agar hasil yang dicapai dapat melebihi Nilai KKM, dilain hal hasil penilaian seharusnya dapat memotivasi belajar dan menjadi bimbingan bagi pembelajaran untuk belajar. Bagi pelajar yang mendapat skor yang tinggi akan menjadi motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan hasilnya sedangkan bagi pelajar yang mendapat skor rendah menjadi pengalaman untuk lebih berhasil untuk penilaian berikutnya. Saran dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagi sekolah, agar lebih mengintensifkan sistem evaluasi pembelajaran berbasis kelas sehingga evaluasi tidak hanya untuk mengukur hasil belajar siswa tapi dapat mengukur sifat dan minat siswa dalam menerima pelajaran, 2) Bagi guru hendaknya lebih meningkatkan kompetensi serta pengetahuan tentang sistem evaluasi pembelajaran berbasis kelas sehingga dapat mempermudah proses belajar mengajar, 3) Bagi peneliti hendaknya penelitian ini dapat menjadi acuan dalam melakukan evaluasi pembelajaran serta peneliti lainnya hendaknya mengkaji faktor-faktor lain yang berkenaan dengan pembelajaran berbasis kelas. Kata Kunci : Sistem Evaluasi, Pembelajaran Berbasis Kelas
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011