Penulis / NIM
ILHAMSYAH NODE / 131408065
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Ilhamsyah Node, 2012. EvaluasiJaminanMutuKurikulum SMA Negeri 3 Gorontalo.Skripsi, Strata I. JurusanManajemenPendidikan. FakultasIlmuPendidikan. UniversitasNegeriGorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. Hi.Ansar, S.pd, M.SiPembimbing II Warni Tune Sumar, S.pd, M.Pd.
Penelitianinibertujuanuntukmengetahui: 1) JaminanMutuSilabusdan RPP SMA Negeri 3 Gorontalo, 2) JaminanMutu Proses Pembelajaran SMA Negeri 3 Gorontalo, 3) JaminanMutu Media Pembelajaran SMA Negeri 3 Gorontalo, 4) JaminanMutuEvaluasiPembelajaran SMA Negeri 3 Gorontalo.
DesainPenelitianinibersifatstudievaluasi dengan jenis deskriptif menggunakan model evaluasi goal attainment.Langkah-langkahpendekatanini adalah: 1)Penentuantujuanpenilaian. Tujuaniniharusmenyatakandenganjelasmateri yang akandinilaidalamkurikulum, 2) Memilih, mengubah, ataumenyusunalatpenilaiandanmengujiobyektivitas, realibilitas, danvaliditasalattersebut, 3) Menggunakanalatpenilaianuntukmemperoleh data, 4) membandingkan data yang diperolehdenganhasilpenilaiansebelumnya yang memperoleh data, 5) Analisa data untukmenentukankekuatandankelemahandarikurikulumdanjelaskanalasandarikekuatandankelemahantersebut, 6) Menggunakan data untukmembuatperubahan yang dianggapperludalamkurikulum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Jaminan mutu silabus dan RPP belum sangat baikditinjau dari aspek tujuan umum dalam silabus dan RPP, Standar kompetensi dan tujuan pembelajaran karena belum memenuhi semua kriteria, 2) Jaminan mutu proses pembelajaran belum sangat baik ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar dan metode pembelajaran karena belum memenuhi semua kriteria, 3) Jaminan mutu media pembelajaran belum sangat baik ditinjau dari aspek pemilihan media pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran karena belum memenuhi semua kriteria, 4) Jaminan mutu evaluasi pembelajaran belum sangat baik ditinjau dari aspek pemilihan model evaluasi pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran karena belum memenuhi semua kriteria.
Disarankan: 1) Pimpinan sekolah melakukan evaluasi jaminan mutu kurikulum secara bertahap dan berkesinambungan agar mutu kurikulum menjadi sangat baik. 2) Guru bisa mandiri dalam mengembangkan bahan ajar dan juga dalam membuat instrumen penilaian terhadap proses pembelajaran. 3) Guru bisa efektif dalam menentukan dan menerapkan strategi pembelajaran sehingga masalah-masalah yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar dapat teratasi. 4) guru dan pimpinan sekolah saling membantu dalam melakukan perbaikan dan tindak lanjut terhadap masalah-masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: evaluasi, jaminan mutu kurikulum
Download berkas