Penulis / NIM
IMELDA PUDINAUNG / 131408066
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Imelda Pudinaung, 2012. Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran di SMP Negeri 02 Tolangohula Kabupaten Gorontalo, Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Asrin M.Pd. dan Pembimbing II Warni T. Sumar S.Pd. M.Pd
Penelitian ini bermaksud untuk memperoleh gambaran tentang Optimalisasi Pembelajaran di SMP Negeri 02 Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif Dekskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi dokumentasi dan wawancara dengan para informan yang dianggap dapat memberikan data yang diperlukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran di SMP Negeri 02 Tolangohula Kabupaten Gorontalo telah optimal, karena diketahui bahwa penyusunannya melalui MGMP. 2) Pelaksanaan pembelajaran telah optimal yang ditandai dengan adanya guru yang sudah memiliki perangkat pembelajaran. 3) Evaluasi pembelajaran sudah optimal, karena evaluasi yang dilakukan oleh guru telah disusun melalui MGMP, dan pelaksanannya selalu mengacu pada hasil rumusan MGMP. Oleh karena itu disarankan kepada kepala sekolah agar lebih meningkatkan bimbingan kepada guru-guru dalam hal pengelolaan pembelajaran sehingga guru-guru dapat mengelola pembelajaran secara lebih optimal. Kepada para guru diharapkan agar lebih meningkatkan kompetensi dan wawasan pengetahuan tentang perangkat pembelajaran serta mengoptimalkan wawasan dalam hal pengelolaan pembelajaran, baik melalui MGMP, mengikuti workshop maupun pelatihan, sehingga pengelolaan pembelajaran akan terlaksana secara optimal. Kepada Dinas Pendidikan Nasional agar lebih memberikan perhatian terhadap tenaga pendidik di SMPN 02 Tolangohula, terutama dalam hal pembimbingan karir baik dalam bentuk workshop, pelatihan ataupun pemberian bea siswa serta tugas belajar sehingga para pendidik menjadi lebih professional dalam pelaksanaan tugas demi optimalisasi peneglolaan pembelajaran.
Kata Kunci : Pengelolaan Pembelajaran, Skenario Pembelajaran, Penguasaan Metode Pembelajaran
Download berkas