SKRIPSI

Penulis / NIM
IMELDA PUDINAUNG / 131408066
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK Imelda Pudinaung, 2012. Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran di SMP Negeri 02 Tolangohula Kabupaten Gorontalo, Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Asrin M.Pd. dan Pembimbing II Warni T. Sumar S.Pd. M.Pd Penelitian ini bermaksud untuk memperoleh gambaran tentang Optimalisasi Pembelajaran di SMP Negeri 02 Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif Dekskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi dokumentasi dan wawancara dengan para informan yang dianggap dapat memberikan data yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran di SMP Negeri 02 Tolangohula Kabupaten Gorontalo telah optimal, karena diketahui bahwa penyusunannya melalui MGMP. 2) Pelaksanaan pembelajaran telah optimal yang ditandai dengan adanya guru yang sudah memiliki perangkat pembelajaran. 3) Evaluasi pembelajaran sudah optimal, karena evaluasi yang dilakukan oleh guru telah disusun melalui MGMP, dan pelaksanannya selalu mengacu pada hasil rumusan MGMP. Oleh karena itu disarankan kepada kepala sekolah agar lebih meningkatkan bimbingan kepada guru-guru dalam hal pengelolaan pembelajaran sehingga guru-guru dapat mengelola pembelajaran secara lebih optimal. Kepada para guru diharapkan agar lebih meningkatkan kompetensi dan wawasan pengetahuan tentang perangkat pembelajaran serta mengoptimalkan wawasan dalam hal pengelolaan pembelajaran, baik melalui MGMP, mengikuti workshop maupun pelatihan, sehingga pengelolaan pembelajaran akan terlaksana secara optimal. Kepada Dinas Pendidikan Nasional agar lebih memberikan perhatian terhadap tenaga pendidik di SMPN 02 Tolangohula, terutama dalam hal pembimbingan karir baik dalam bentuk workshop, pelatihan ataupun pemberian bea siswa serta tugas belajar sehingga para pendidik menjadi lebih professional dalam pelaksanaan tugas demi optimalisasi peneglolaan pembelajaran. Kata Kunci : Pengelolaan Pembelajaran, Skenario Pembelajaran, Penguasaan Metode Pembelajaran
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011