Penulis / NIM
IRAYANTI UMRI / 131408071
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Irayanti Umri, 2012. Jurusan Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo Skripsi: Penerapan Standar ISO 9001:2008 Untuk Jaminan Mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo, Pembimbing I Dr. Fadliah, M.Si dan Pembimbing II Besse Marhawati, S.Pd, M.Pd
Tujuan penelitian ini terkait dengan mutu pendidikan, maka penyelenggaraan pendidikan harus memenuhi standarisasi mutu yang harus dicapai sesuai dengan standar nasional pendidikan. Oleh karena itu, upaya standarisasi mutu dan jaminan bahwa penyelenggaraan pendidikan memenuhi standar mutu harus menjadi fokus dan perhatian dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan secara nasional.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan racangan studi kasus . teknik pengumpulan data dapat ditempuh dengan tiga cara yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan Pelaksanaan penerapan standar ISO 9001:2008 dalam bidang ketenagaan, setiap guru memiliki pendidikan minimal S1 dan diikutkan dalam kegiatan seminar, diklat, workshop tentang pengembangan profesi. Pelaksanaan penerapan standar ISO 9001:2008 dalam bidang kurikulum, melakukan peningkatan kurikulum dan model pembelajaran oleh guru dengan cara guru-guru mampu menyusun silabus dan RPP, serta pemilihan dan proses belajar mengajar telah menerapkan bilingual berbasis ICT. Kendala yang dihadapi dalam penerapan standar ISO 9001:2008 pada SMA Negeri 1 limboto yaitu kurangnya self-inisiatif, sense of quality dan sense of responsibility dan sistem pendokumentasian ini dianggap sulit. Pengawasan pelaksanaan ISO 9001:2008 yang dilakukan adalah audit internal, audit eksternal, dan supervise. Pelaksanaan evaluasi penerapan ISO 9001:2008 dilakukan dengan cara evaluasi diri sekolah, evaluasi kurikulum, evaluasi pendidik dan tenaga kependidkan dan akreditasi sekolah. Dampak penerapan standar yang diperoleh yaitu guru-guru lebih fokus dan terarah semakin meningkat siswa yang masuk di sekolah tiap tahun, dan peningkatan dalam bidang prestasi siswa dan pendidik, dan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan lebih diperhatikan, dan dokumen mudah ditemukan.
Untuk itu disarankan guru lebih meningakatkan rasa bertanggungjawab, inisiatif dalam melakukan pendokumentasian penerapan ISO 9001:2008 dan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas anak didik sehingga menghasilkan lulusan-lulusan yang terbaik.
Kata Kunci : ISO 9001:2008, penerapan standar, jaminan mutu pendidikan
Download berkas