Penulis / NIM
JAINAL IDRIS / 131408077
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MEITY MONONIMBAR, M.Pd / 0024055602
Abstrak
ABSTRAK
Jainal Idris . 2012. Strategi Supervisor Dalam Meningkatkan Kompetensi Giru: Studi Kasus Pada Pengawas SMP Di Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo
Pembimbing: (I) Prof. Dr. Abd Kadim Masaong, M.pd. (II) Meity Mononimbar, M.Pd
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengatahui perilaku atau tindakan yang dilakukan oleh supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru SMP di Kota Gorontalo, (2) Untuk mengetahui strategi supervisor dalam membina guru merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melakukan penilaian untuk meningkatkan kompetensi profesional guru SMP di Kota Gorontalo.
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus.teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Pemilihan informan penelitian menggunakan teknik Snowball Sampling. Data yang terkumpul dianalisis secaradiskriptif dengan alur (a) reduksi data, (b) Pengajian data, (c) Penarikan kesimpulan atau ferifikasi. Agar memperoleh hasil yang maksimal maka peneliti menggunakan teknik: memperpanjang kehadiran peneliti dilokasi penelitian, observasi yang mendalam, trianggulasi atau mengedek keabsahan data, memberchek atau konfirmasi kembali dan auditsteril.
Hasil penelitian menemukan: (1) Supervisor mengarahkan dan membina guru kearah yang kondusif, (2) Supervisor mengunakan teknik atau pendekatan supervisi klinis dan supervisi umum untuk membina guru-guru, (3) Mengembangkan potensi guru berdasarkan kajian ilmunya masing melalu pelatihan diklat ditngkat kota maupun ditingkat provinsi dan juga menyeleksi guru yang berprestasi untuk mengembangkan pengetahuannya sebagai tenaga pengajar yang handal dan mampu mentransfer pengatahuan pada peserta didik.
Mengacu pada hasil penelitian maka penulis menyarankan: (1) Bagi supervisor perlunya mengembangkan dan mengarahkan guru ke arah yang lebih kompleks terkait dengan mengembangkan kompetensi profesional guru, (2) Bagi guru yakni tekun dalam proses pembinaan yang diarahkan oleh supervisor menyangkut dengan pengembangan diri, (3) Bagi sekolah khusunya SMP Di Kota Gorontalo dengan adanya penelitian ini kepala sekolah dan guru adanya rasah ingintahu mendalam lagi tentang pengembangan kompetensi profesional guru lebih mendalam.
Kata kunci: Strategi Supervisor, Kompetensi Guru.
Download berkas