SKRIPSI

Penulis / NIM
MARGARETA R. TOLINGGI / 131408087
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
ABSTRAK Margareta R. Tolinggi. 2012. Implementasi Total Quality Management (TQM) di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Dr. Asrin, M.Pd; (II) Dr. Arwildayanto, S.Pd, M.Pd. Tujuan Penelitian: (1)Untuk mengetahui komitmen staf pengajar MAN Insan Cendekia Gorontalo dalam memberikan kepuasan pelanggan; (2) untuk mengetahui sistem penjaminan mutu akademik di MAN Insan Cendekia Gorontalo; (3) untuk mengetahui rencana tindak lanjut pelaksanaan total quality management (TQM). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: (1) wawancara (2) observasi; (3) dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekkan keabsahan data menggunakan: (1) kredibilitas (credibility); (2) transferabilitas (transferability); (3) dependabilitas (dependability); (4) konfirmabilitas (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komitmen staf pengajar MAN Insan Cendekia Gorontalo dalam memberikan kepuasan pelanggan terdiri dari komitmen staf pengajar dalam perencanaan pembelajaran, media dan strategi pembelajaran,dan sistem penilaian; (2) sistem penjaminan mutu akademik di MAN Insan Cendekia Gorontalo terdiri atas: (a) sistem penjaminan mutu kurikulum; (b) sistem penjaminan mutu bidang kesiswaan; (c) sistem penjaminan mutu sarana prasarana; (d) sistem penjaminan mutu bidang ketenagaan, dan (e) sistem penjaminan mutu bidang Humas dan SDM; (3) rencana tindak lanjut pelaksanaan Total Quality Management (TQM) terdiri dari program kerja kegiatan pelaksanaan pembelajaran, program kerja kegiatan pelatihan dan observasi, program kerja kegiatan peningkatan profesi guru, program kegiatan penyusunan modul mata pelajaran, dan program kerja kegiatan bimbingan masuk PTN. Dengan merujuk pada fokus penelitian, paparan data dan temuan penelitian serta pembahasan temuan hasil penelitian ini penulis dapat sampaikan saran-saran sebagai berikut : (1) hendaknya dalam implementasi Total Quality Management (TQM) staf pengajar untuk memberikan pelayanan kepada peserta didik harus memperhatikan substansi-substansi secara kolektif tentang kebutuhan pelanggan; (2) penelitian ini tentunya bukan suatu penelitian yang bahwa pelaksanaan TQM hanya dapat dilakukan di MAN Insan Cendekia Gorontalo, namun hendaknya pelaksanaan TQM dapat diadopsi oleh sekolah/madrasah lain; (3) peneliti mengharapkan adanya penelitian lanjutan tentang TQM pada masa mendatang sehingga terjadi analisis perbandingan implementasi TQM di sekolah/madrasah pada periode-periode berikutnya. Kata kunci: Komitmen staf pengajar, sistem penjaminan mutu,
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011