SKRIPSI

Penulis / NIM
MEIMUN ABDULLAH / 131408093
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK Meimun Abdullah. 2012. Pengembangan Kompetensi Guru melalui Pusat Latihan Profesi Guru (PLPG) di Sekolah Dasar Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Ansar Made, M. Si. (II) Besse Marhawati, S. Pd, M. Pd. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PLPG, (2) Untuk mengetahui Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru melalui PLPG, (3) Untuk mengetahui Pengembangan Kompetensi Sosial Guru melalui PLPG, (3) Untuk mengetahui Pengembangan Kompetensi Profesional Guru melalui PLPG. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil paparan data dilapangan sebagai berikut: (1) pengembangan kompetensi pedagogik guru, (2) pengembangan kompetensi kepribadian guru, (3) pengembangan kompetensi sosial guru, (4) pengembangan kompetensi profesional guru. Saran-saran dari penelitian adalah: (1) Bagi para pengambil kebijakan, khususnya Kepala Dinas agar dapat menjadi mediator yang baik dalam penanganan masalah-masalah guru terutama pada pelaksanaan kompetensi guru. (2) Bagi pengawas atau supervisor harus melakukan upaya pengembangan kepada guru yang berada dalam tanggung jawabnya khususnya dalam pengembangan kompetensi guru. (3) Bagi penyelenggara atau LPTK yang telah menyelenggarakan sertifikasi ini sebaiknya melaksanakan pengawasan terhadap guru-guru yang telah mengikuti pelatihan ini terutama pada pengembangan kompetensi guru. (3) Bagi guru yang sudah tersertifikasi agar dapat memahami dan mengerti tentang arti pentingnya pengembangan kompetensi guru terutama dalam proses pembelajaran. kata kunci: kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011