SKRIPSI

Penulis / NIM
MERLINANSI TULIABU / 131408095
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MEITY MONONIMBAR, M.Pd / 0024055602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK Merlinansi Tuliabu. 2012. Skripsi. Pengelolaan Unit Usaha Perhotelan dalam Pengembangan Kompetensi Siswa di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Meity Mononimbar, M.Pd, dan Pembimbing II Besse Marhawati, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menginterpretasi pengelolaan unit usaha perhotelan khususnya berhubungan dengan peningkatan kompetensi siswa di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Adapun analisis data penelitian yakni menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Kehaduran peneliti sebagai instrumen utama sekaligus pengumpul data. Data bersumber dari data primer yakni kepala sekolah dan guru, serta data sekunder yakni keadaan sarana dan prasarana. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam mengecek keabsahan data peneliti melakukan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan auditing. Teknik analisis data melalui reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa pengelolaan hotel yang ada di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo sudah berjalan dengan baik. Maksud dari pengelolaan hotel tersebut adalah untuk kepentingan pendidikan dan pengajaran sudah memenuhi criteria. Lain halnya dalam sudut padang bisnis, pengelolaannya harus professional dan membutuhakan terobosan-terobosan baru dalam upaya pengembangan hotel kearah yang lebih baik. Pelaksanaan Unit Perhotelaan dalam Pengembangan Kompetensi Siswa menjadi bagian dari kegiatan pengelolaan hotel, dalam prakteknya hal ini dapat memberikan nilai tambah terhadap pengelolan hotel. Pengelolaan hotel secara professional membutuhkan kemampuan dalam etika atau attitude, kemampuan pengetahuan tentang perhotelan serta memiliki keterampilan yang baik dibidang perhotelan, sehingga yang output dari sekolah ini dalam menciptakan generasi yang siap pakai dapat terpenuhi. Proses evaluasi baik itu pengelolaan usaha maupuan kegiatan belajar mengajar yang mendukung pengelolaan usaha, prinsipnya telah berjalan sebagaimana mestinya, artinya pengelolaan usaha telah baik dan kegiatan belajar mengajar yang membuat peserta didik atau siswa memiliki nilai yang baik yang telah diwujudkan dalam hasil ujian. Disamping itu, wujud dari keberhasilan penyelenggarakan kegiatan belajar mengajar adalah terserapnya alumni oleh dunia kerja, ini mengindikasikan tingkat keberhasilan dan efektivitas penyelenggaran pembelajaran dan pengelolaan perhotelan yang ada di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Berdasarkan deskripsi hasil penelitian tentang pengelolaan unit perhotelan dalam menunjang kompetensi siswa di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dan tindak lanjut, yakni: (1) dapat dijadikan sebagai tolak ukur pelaksanaan kajian ilmiah yang terfokus pada penelitian pendidikan pada masa yang akan datang, (2) dapat lebih menjadikan sekolah yang prosedural dalam hal pengelolaan unit usaha perhotelan dalam pengembangan kompetensi siswa yang lebih baik, dan (3) menambah khazanah ilmu pengetahuan tentang pengelolaan unit usaha perhotelan dalam pengembangan kompetensi siswa di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Kata Kunci: pengelolaan, pengembangan, kompetensi ?
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011