Penulis / NIM
MIMI KIDAMU / 131408097
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Mimi Kidamu. 2012. Otonomi Guru dalam Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 2 Tolangohula. Jurusan Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hi. Ansar, M.Si, dan Pembimbing II Besse Marhawati, SPd, M.Pd.
Tujuan penelitian yaitu Untuk mengetahui kemandirian dalam pengambilan keputusan di SMP Negeri 2 Tolangohula. Untuk mengetahui kemandirian dalam pengembangan program pengajaran di SMP Negeri 2 Tolangohula. Dan Untuk mengetahui kemandirian dalam inovasi pembelajaran sekolah di SMP Negeri 2 Tolangohula. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknis pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yaitu; 1) Kemandirian guru dalam pengambilan keputusan di SMP Negeri 2 Tolangohula yaitu guru melakukan pengambilan keputusan dalam hal proses pembelajaran berkenaan dengan keputusan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran serta didasari pada fakta, pengalaman, dan pendapat para guru, 2) Kemandirian dalam pengembangan program pengajaran di SMP Negeri 2 Tolangohula yaitu terdiri dari pengembangan indikator pembelajaran dan menentukan tujuan pembelajaran, serta mengembangkan materi pembelajaran yang berdasarkan pada karakteristik siswa, relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan keluasan materi pembelajaran, 3) Kemandirian dalam inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru umumnya terkait dengan strategi yang digunakan, adapun untuk pelaksanaan stategi pembelajaran guru memberikan variasi saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan Variasi yang dilakukan oleh guru yaitu perubahan suara kari keras menjadi lemah, tinggi menjadi rendah, cepat menjadi lambat, gembira menjadi sedih., kemudian memusatkan perhatian siswa pada hal-hal yang dianggap penting, dengan mengeluarkan pernyataan“perhatikan ini dengan baik-baik” juga dengan Adanya desenyapan yang tiba-tiba dan disengaja selagi menerangkan sesuatu dengan menatap dinding tanpa komentar.
Saran penelitian ini yaitu: 1) Bagi kepala sekolah agar melengkapi sarana serta prasarana guna menunjang kemandirian guru dalam pembelajaran di sekolah sehingga menempuh langkah-langkah perbaikan dalam rangka memperbaiki kinerja guru dalam manajemen kurikulum berbasis sekolah, 2) Bagi guru, hendaknya mengoptimalkan kemandirian dari segala aspek guna menunjang manajemen berbasis sekolah yang mandiri di SMP Negeri 2 Tolangohula. 3) Bagi siswa, hendaknya lebih meningkatkan hasil belajar serta lebih efektif mendalami materi yang diajarkan oleh guru dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Otonomi Guru, Manajemen Berbasis Sekolah
Download berkas