SKRIPSI

Penulis / NIM
NOVITA H. MALAHEDI / 131408113
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK Novita H. Malahedi. 2013. Kemampuan Komunikasi Kepala Sekolah dengan Komite Sekolah dalam Penyusunan Program Sekolah di SDN 8 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo, S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Fadliah, M.Si dan Pembimbing II : Warni T. Sumar, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip komunikasi, strategi komunikasi dan keterampilan komunikasi kepala sekolah dalam kemampuan komunikasi kepala sekolah dengan komite sekolah dalam penyusunan program sekolah di SDN 8 Bongomeme Kecamatan Bongomeme. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu : 1) Penerapan prinsip-prinsip komunikasi dalam kemampuan komunikasi kepala sekolah dengan komite sekolah dalam penyusunan program sekolah berada pada kategori baik. Yaitu dari segi a) memahami latar belakang fisik budaya, menciptakan suasana kekeluargaan, dilakukan sangat baik, memahami latar belakang pendidikan, mengkondisikan komite sekolah untuk menerima pesan, dilakukan cukup baik, bergerak secara alamiah ketika menyampaikan pesan, dilakukan secara baik; b) pesan berkaitan erat dengan kebutuhan komite sekolah, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, disampaikan secara menarik, dan intonasi yang tepat dilakukan secara baik, pesan disampaikan sesuai dengan latar belakang pendidikan dan ekonomi komite sekolah, dilakukan cukup baik; c) pesan disampaikan tepat waktu, komite sekolah menerima dengan tulus, memberikan bukti keberhasilan dan latar belakang lahirnya pesan yang disampaikan, memberikan kesempatan untuk diskusi dilakukan sangat baik; d) menggunakan panca indera secara langsung dan media elektronik dilakukan sangat baik; 2) Strategi komunikasi dalam kemampuan komunikasi kepala sekolah dengan komite sekolah dalam penyusunan program sekolah berada pada kategori baik. Yaitu dari segi segi a) kepala sekolah memiliki rasa percaya diri yang positif, menguasai materi yang disampaikan dilakukan sangat baik; b) bersikap terbuka dilakukan sangat baik, bersikap wajar dan tidak bersikap mengetahui segala-galanya dilakukan secara baik; c) penampilan selalu rapi dilakukan dengan baik; d) memberikan penekanan sewajarnya dilakukan sangat baik; e) tidak menunjukkan sikap nervous dilakukan dengan baik, serta menggunakan catatan dilakukan sangat baik; 3) Keterampilan komunikasi dalam kemampuan komunikasi kepala sekolah dengan komite sekolah dalam penyusunan program sekolah berada pada kategori sangat baik. Yaitu dari segi a) keterampilan komunikasi menggunakan tata bahasa dilakukan dengan baik; b) keterampilan komunikasi fisik dilakukan sangat baik; c) keterampilan komunikasi emosional dilakukan sangat baik. Untuk itu disarankan: 1) Bagi Kepala Sekolah, agar meningkatkan kemampuan komunikasi dengan komite sekolah serta berbagai pihak sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah; 2) Bagi komite sekolah, agar menjalin komunikasi yang efektif dengan kepala sekolah demi meningkatkan peran dan fungsi komite sekolah; 3) Bagi guru, agar mendukung efektivitas komunikasi kepala sekolah dengan komite sekolah demi peningkatan mutu pembelajaran siswa; 4) Bagi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kecamatan, agar mendukung efektivitas komunikasi setiap kepala sekolah dan komite sekolah serta pihak lainnya dalam penyusunan program sekolah; 5) Bagi peneliti selanjutnya dapat terus meningkatkan wawasan mengenai kemampuan komunikasi kepala sekolah dan komite sekolah dalam penyusunan program sekolah, dan dapat melanjutkan kajian kemampuan komunikasi kepala sekolah dan komite sekolah dengan menitik beratkan pada penerapan prinsip-prinsip komunikasi dan strategi komunikasi kepala sekolah. Kata Kunci : Kemampuan, Komunikasi, Kepala Sekolah.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011