Penulis / NIM
NUR HANIFAH / 131408116
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Abstrak
ABSTRAK
NUR HANIFAH, NIM 131408116. Kreatifitas Guru Dalam Pengelolaan Kelas Bernuansa Pakem Di SMP Negei 2 Gorontalo.Skripsi, program studi S-1 Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Prof. Dr.H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Drs. Muhammad Polinggapo, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) kreatifitas guru dalam mendesain kelas bernuansa Pakem di SMP Negeri 2 gorontalo, (2) kreatifitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar bernuansa Pakem, Penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis narasi.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kreatifitas guru dalam mendesain kelas bernuansa Pakem adalah, bagaimana meningkatkan kemampuan siswa dan motivasi peserta didik dalam belajar Baik dalam pengaturan kelas maupun meningkatkan kemampuan dalam pengaturan siswanya pada saat jam pelajaran yang bervariasi, (2) kreatifitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar bernuansa pakem yaitu, menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan, sehingga dalam proses belajar mengajar membangkitkan kemajuan dan minat baru dan memberikan motivasi, rangsangan yang dapat membawa pengaruh terhadap peserta didik
Untuk itu disarankan: hendaknya pihak sekolah untuk menjaga dan meningkatkan mutu pengeloaan kelas yang baik serta memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, pihak sekolah perlu menumbuhkan persaingan atau kompetensi yang sehat dengan mengadakan kegiatan yang mendukung terciptanya kondisi atau keadaan kelas yang kondusif seperti perlombaan antar kelas.
Kata kunci: kreatifitas guru
Download berkas