Penulis / NIM
NUR HIDAYATI / 131408117
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MEITY MONONIMBAR, M.Pd / 0024055602
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK
Nur Hidayati.NIM.131408117, 2013. Kemitraan Sekolah dengan Masyarakat di SMP Negeri 8 Satap Wonosari Kabupaten Boalemo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Meity Mononimbar,M.pd dan pembimbing II Arifin,S.pd,M.pd.
Tujuan Penelitian: (1) untuk mengetahui kemitraan sekolah dan masyarakat dalam peningkatan proses pembelajaran; (2) untuk mengetahui kemitraan sekolah dan masyarakat dalam pengelolaan dana; (3) untuk mengetahui kemitraan sekolah dan masyarakat dalam pengelolaan sarana dan prasarana.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: (1) observasi (2) wawancara; (3) dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekkan keabsahan data menggunakan: (1) kredibilitas (credibility); (2) transferabilitas (transferability); (3) dependabilitas (dependability); (4) konfirmabilitas (confirmability).
Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemitraan sekolah dengan masyarakat bila didasarkan pada fokus dan hasil penelitian akan memberikan gambaran bahwa kemitraan sekolah dan masyarakat dalam peningkatan proses pembelajaran di kelas terbagi atas: (a) kemitraan sekolah dan masyarakat dalam perencanaan pembelajaran; (b) kemitraan sekolah dan masyarakat dalam mendukung pembelajaran; (c) kemitraan sekolah dan masyarakat dalam mengontrol proses pembelajaran; (2) Kemitraan sekolah dengan masyarakat dalam proses pengelolaan dana dilakukan dengan cara: (a) komitmen yang dibangun dalam memberikan kontribusi materil; (b) proses pengelolaan dana; (c) manfaat kontribusi masyarakat terhadap sekolah; (3) kemitraan sekolah dan masyarakat dalam pengelolaan sarana dan prasarana dilakukan dalam bentuk kesatupahaman bahwa segala sarana dan prasarana yang ada di sekolah jadi milik sekolah.
Dengan merujuk pada fokus penelitian, paparan data dan temuan penelitian serta pembahasan temuan hasil penelitian ini penulis dapat sampaikan saran-saran sebagai berikut: (1) kemitraan sekolah dan masyarakat sebagai bahan informasi terhadap segenap stekholder tentang kemitraan sekolah dengan masyarakat; (2) dalam mendekati masyarakat yang heterogen penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan bagi masyarakat dalam membangun kemitraan sekolah dan masyarakat dengan latar belakang sosial dan ekonomi yang berbeda; (3) dengan adanya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai wahana bagi penulis untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama perkulian.
Kata kunci : Kemitraan sekolah , Masyarakat.
Download berkas