Penulis / NIM
NURLAILA S. MOUKO / 131408120
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
Nurlaila Mouko.2014.Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Mengajar Guru.Skripsi.Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I bapak Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan pembimbing II ibu Warni T. Sumar, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kecerdasan emosional dengan perilaku mengajar guru di SMP Negeri se Kecamatan Tolangohula yang berjumlah 60 orang yang terdiri dari pria dan wanita. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket.Sedangkan teknis analisis datanya yaitu menggunakan analisis product moment yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas data, uji normalitas data dan hipotesis.
Dalam penelitian ini terdapat 2 teknik analisis data deskriptif dan analisis data inferensial.Analisi data deskriptif menjelaskan tentagdistribusi frekuensi skor responden untuk masing-masing variabel sehingga diperoleh pengkategorian dari masing-masing variabel yaitu (variabel bebas)kecerdasan emosional dan (variabel terikat) perilaku mengajar,sedangkan untuk analisis inferensial yaitu utuk menghitung uji hipotesis.Sehingga diperoleh hasil penelitian dimana sebesar 0,646 dengan nilai sig(2-tailed) sebesar 0,00, kemudia disbanding dengan nilai probabilitas sig(2-tailed) atau (0,05>0,04) ini berarti bahwa keofisien korelasi kecerdasan emosional (X) dengan perilaku mengajar guru (Y) adalah sangat signifikan.
Persamaan regresi antara kecerdasan emosional dengan perilaku mengajar guru adalah =35,67+0,446 (X).Model regresi 0,446 unit pada konstanta 35,67 dengan kata lain makin tinggi tingkat kecerdasan emosional guru, makin baik pula perilaku mengajar yang dimilikinya.
Kata kunci: hubungan,kecerdasan emosional,perilaku mengajar
Download berkas