SKRIPSI

Penulis / NIM
NURSIA S. MOHIDIN / 131408123
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK Nursia S. Mohidin. 2012. Pengelolaan Remedial di SD Negeri 1 Dunggala Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Drs. H. Muhammad Polinggapo, S.Sos, M.Pd dan Pembimbing II : Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pengelolaan remedial dalam perencanaan, pengorganisasian, monitor dan pelaporan di SD Negeri 1 Dunggala Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data mentah, mengorganisasikannya, memilih hal yang pokok dan menyajikan data yang telah direduksi, dan melakukan verifikasi data dengan menyimpulkan keseluruhan data dan melaporkannya dalam bentuk skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan remedial di SD Negeri 1 Dunggala Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo pada perencanaan ditunjukkan dengan dilaksanakannya remedial sesuai langkah-langkah pelaksanaan untuk menuntaskan hasil belajar siswa sebagaimana prosedur secara normatif. Pada pengorganisasian ditunjukkan dengan dilaksanakannya kegiatan remedial oleh guru kepada siswa yang tidak mencapai ketuntasan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Pada monitoring ditunjukkan dengan proses remedial yang dilaksanakan guru dengan melihat ketercapaian target, tapi pelaksanaan remedial ini kurang didasari oleh hasil diagnosis terlebih dahulu pada penyebab ketidaktuntasan siswa, dan melakukan penilaian pada kegiatan remedial, dengan format penilaian yang digunakan pada pembelajaran biasa. Pada pelaporan ditunjukkan dengan peningkatan capaian ketuntasan belajar siswa setelah memperoleh tindakan remedial, dan adanya hambatan internal dan eksternal yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan remedial di sekolah. Untuk itu kepala sekolah harus lebih meningkatkan pengawasan dalam pelaksanaan remedial yang dilaksanakan oleh setiap guru sehingga remedial yang dilaksanakan guru dapat terlaksanan secara optimal. Untuk setiap guru dalam melaksanakan pembelajaran remedial harus melakukan diagnosis terlebih dahulu terhadap ketidaktuntasan siswa pada materi yang diberikan, agar dapat menentukan strategi yang tepat untuk mencapai hasil belajar siswa sesuai indikator yang ditetapkan sebelumnya serta menggunakan format penilaian khusus bagi pelaksanaan remedial tersebut. Untuk seluruh siswa yang dikenakan pembelajaran remedial dapat mengikutinya dengan baik agar hasil belajar tercapai dengan baik. Kata Kunci: Pengelolaan, Remedial.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011