SKRIPSI

Penulis / NIM
NURUL KUSUMA DEWI MAYANG / 131408124
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK Nurul Kusuma Dewi T. Mayang. 2012. Strategi kepala sekolah dalam pengembangan sekolah di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II: Arifin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: a) untuk menjelaskan strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo, b) untuk menjelaskan strategi kepala sekolah dalam pengelolaan kesiswaan di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo, c) menggambarkan strategi kepala sekolah dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo, d) memberikan penjelasan tentang strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kerjasama dengan masyarakat/Komite sekolah di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; a) Peranan strategi kepala sekolah merupakan aspek yang sangat penting dalam upaya pengembangan mutu pendidikan di sekolah, hal ini dapat diterapkan melalui pengembangan kurikulum, sarana dan prasarana, pengembangan SDM dan kerjasama bersama komite sekolah, b) Kepala sekolah sebagai pemimpin di tingkat sekolah, memiliki tugas untuk melihat dengan jelas masalah–masalah yang muncul dalam kegiatan pembelajaran dan menstimulir guru ke arah usaha perbaikan termasuk didalamnya adalah pengembangan fungsi dan peran komite sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menutup penelitian ini dengan beberap saran bahwa a) diharapkan bagi dinas Pendidikan adalah menambah kajian dan data tentang kebutuhan dalam pengembangan sekolah sebagai pusat belajar, serta diharapkan mampu menyusun rencana strategi dalam upaya membantu pengembangan sekolah. b) bagi sekolah diharapkan mampu memberikan input terhadap upaya pengembangan sekolah terkait dengan peningkatan mutu pembelajaran, profesionalisme guru serta peningkatan kerjasama dengan peran komite sekolah. c) bagi guru agar mampu meningkatkan profesionalisme kerja dengan melalui strategi kepala sekolah yang nantinya dapat meningkatkan mutu pengembangan sekolah. Kata Kunci: Strategi kepala, sekolah, dalam pengembangan sekolah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011