Penulis / NIM
RAHMAWATI SULEMAN / 131408126
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK
Rahmawati Suleman : “Kualitas Pelayanan Administrasi di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pohuwato ”Skripsi, Program Studi administrasi pendidikan, Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Tahun 2012. Pembimbing I Prof. Dr. Ansar M.Si, pembimbing II Arifin S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) prosedur pelayanan ,2) kecepatan pelayanan,3) ketepatan pelayanan administrasi dilingkungan dinas pendidikan kabupaten pohuwato. Dalam Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tekhnik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian Standar pelayanan yang ada di lingkungan Dinas Pendidikan Pohuwato dimulai dari tahapan pelayanan administrasi yang diberikan kepada masyarakat dilihat dari alur pelayanan yang diatur dalam Standar Operasional Prosedur (SOP), kemudian diteruskan ke alur bidang masing-masing layanan.1) Jenis pelayanan yang diberikan tergantung pada bidang masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. proses pelaksanaannya mengacu pada Standar Operasional Prosedur. 2) Kecepatan pelayanan administrasi yang ada di lingkungan Dinas Pendidikan Pohuwato dilihat dari target waktu, tidak semua pelayanan terselesaikan pada waktu yang telah ditentukan disebabkan karena masing kurang lengkapnya dokumen serta disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Strategi yang dilakukan apabila mengalami keterlambatan dalam proses pelayanan yakni menjalin komunikasi yang baik serta menjelaskan kepada masyakat tentang penyebab keterlambatan proses pelayanan tersebut. Media yang digunakan dalam proses pelayanan diantaranya media komputer, leptop, printer serta media pendukung lainnya. 3) Ketepatan pelayanan administrasi yang ada di lingkungan Dinas Pendidikan dilihat dari ketepatan pelaksanaan terhadap jadwal waktu pelayanan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Kendala yang dihadapi sering terjadinya kerusakan pada sistem pelayanan. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi dengan memberikan pembinaan serta pelatihan.
Untuk itu disarankan Hendaknya 1) pihak Dinas Pendidikan memberikan pembinaan, dan pelatihan kepada setiap bidang pelayanan agar proses pelayanan cepat dan tepat. 2) Hendaknya pihak Dinas Pendidikan menyediakan sarana prasarana yang lengkap untuk menunjang proses pelayanan, 3) Hendaknya pihak Dinas Pendidikan lebih menjalin hubungan koordinasi dan komunikasi dengan masyarakat agar proses pelayanan administrasi tidak mengalami kendala, 4) Hedaknya tata usaha dinas pendidikan selalu bekerja dengan penuh tanggung jawab terhadap apa yang menjadi tugas masing- masing, 5)Hendaknya tata usaha dinas dalam melayani guru harus memberikan pelayanan yang ramah, cepat, tepat, dan tanggap,
Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Administrasi
Download berkas