SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMIYATI LUAWO / 131408127
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK Rahmiyati Luawo. 2012. Pengelolaan Program MGMP Dalam Mengembangkan Inovasi Guru Di SMP Negeri Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Drs. H. Muh. Polinggapo, S.Sos, M.Pd. (II) Intan Abdul Razak, S. Ag, M. Pd. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Perencanaan Program MGMP dalam mengembangkan inovasi guru, (2) Untuk mengetahui Pelaksanaan Program MGMP dalam mengembangkan inovasi guru, (3) Untuk mengetahui Evaluasi Program MGMP dalam mengembangkan inovasi guru, (4) Untuk mengetahui Kendala Pelaksanaan Program MGMP dalam mengembangkan inovasi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Perencanaan Program MGMP dalam mengembangkan inovasi guru telah dilakukan dengan baik oleh seluruh elemen atau pihak yang berhubungan dengan pelaksanaan MGMP, (2) Pelaksanaan Program MGMP dalam mengembangkan inovasi guru telah berlangsung dengan baik. Penggunaan strategi yang tepat dengan memprioritaskan peningkatan kinerja guru telah dilaksanakan dengan baik di MGMP, (3) Evaluasi Program MGMP dalam mengembangkan inovasi guru telah dilaksanakan oleh pelaksana dan pengurus MGMP, (4) Kendala Pelaksanaan Program MGMP dalam mengembangkan inovasi guru.terdiri dari kendala internal adalah penyelesaian tagihan tidak tepat waktu, dan kendala eksternal yaitu waktu pelaksanaan MGMP bersamaan dengan pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Dengan demikaian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan program MGMP dalam mengembangkan inovasi guru di SMP Negeri Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo telah dilaksanakan dengan optimal. Saran-saran dari penelitian adalah: Bagi peserta MGMP, dalam proses perencanaan program MGMP sebaiknya terlibat aktif agar dihasilkan program yang sesuai dengan kebutuhan guru, Bagi panitia pelaksana MGMP, sebaiknya waktu pelaksanaan MGMP hendaknya disesuaikan dengan kondisi sekolah agar tidak mengganggu pelaksanaan proses belajar mengajar, Bagi kepala sekolah, Untuk menghadapi kendala-kendala dalam pelaksanaan MGMP sebaiknya memotivasi guru untuk lebih memprioritaskan mengikuti MGMP dan menyelesaikan tagihan tepat waktu. kata kunci: pengelolaan, inovasi guru
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011