SKRIPSI

Penulis / NIM
RISNAWATY A. NAU / 131408137
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Abstrak
ABSTRAK Risnawaty A. Nau. 2012. Gaya Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Tibawa Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Prof. Dr. H. Ansar Made, M.si dan Pembimbing II : Drs. H. Muhammad Polinggapo, S.Sos, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kepemimpinan visioner dalam pola pikir/orientasi dan perilaku kepala sekolah di SMP Negeri 1 Tibawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data yaitu merangkum data mentah, memilih hal yang pokok dan fokus pada hal yang penting. menyajikan data yang telah direduksi, dan melakukan verifikasi data yaitu dengan menyimpulkan keseluruhan data dan menyusunnya dalam bentuk laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah di SMP Negeri 1 Tibawa pada pola pikir kepala sekolah dalam menyelesaikan masalah di sekolah yaitu dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada pada guru dan masyarakat dan bekerja sama mewujudkan tujuan pendidikan di sekolah. Kemampuan kepala sekolah dalam mengambil keputusan kelompok sehingga ada partisipasi dalam keputusan. Kemampuan kepala sekolah dalam komunikasi adalah dengan menjalin komunikasi dua arah dengan guru dan pihak lainnya ; 2) gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah di SMP Negeri 1 Tibawa pada perilaku kepala sekolah dalam mengatur aktivitas kerja dan menjalankan peran sebagai pemimpin dalam mengelola kegiatan sekolah adalah dengan mengaturnya sesuai dengan tupoksi. Tapi kegiatan pengawasan oleh kepala sekolah masih kurang. Perilaku kepala sekolah kepada guru dan siswa adalah kepala sekolah memberikan kepercayaan kepada guru untuk melaksanakan kewajibannya untuk mengelola pembelajaran. Perilaku kepala sekolah dalam membangun kerjasama atau bermitra dengan bermasyarakat adalah membina hubungan kerjasama sebagai wujud tanggung jawab bersama dalam mewujudkan tujuan sekolah. Untuk itu kepala sekolah harus konsisten terhadap subtansi dari jabatan yang diemban untuk dapat menciptakan gaya kepemimpinan yang efektif dan efisien bagi sekolah yang dikelolanya baik dalam memecahkan masalah, pengambilan keputusan dan komunikasi demi mewujudkan tujuan pendidikan di sekolah, dan dapat mengelola kegiatan sekolah secara sistematis dan komprehensif sebagai pembaharu atau agent of change. Kepada guru untuk dapat memberikan saran, dukungan, dan jika perlu memberikan kritikan yang membangun demi terwujudnya gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah. Kepada masyarakat untuk selalu membina hubungan kemitraan dengan kepala sekolah untuk mewujudkan visi dan misi sekolah. Kata Kunci : Kepemimpinan, Visioner
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011