Penulis / NIM
RISNA Y. PAUKO / 131408140
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
ABSTRAK
Risna Y. Pauko. 2012. Pengelolaan Pendidikan Karakter (Studi Kasus di SD 2 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo). Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof.Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Arwildayanto, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perencanaan program pendidikan karakter di SD 2 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, 2) mengetahui pelaksanaan program pendidikan karakter di SD 2 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, serta 3) mengetahui evaluasi program pendidikan karakter di SD 2 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) perencanaan program pendidikan karakter dilaksanakan setiap awal tahun ajaran melalui penyusunan silabus dan perangkat pembelajaran yang diintegrasikan ke setiap mata pelajaran yang di ajarkan. Perencanaan program pendidikan karakter mencakup perencanaan pada kegiatan intrakurikuler dan perencanaan kegiatan ekstrakurikuler. Perencanaan program intrakurikuler dilaksanakan melalui penyusunan RPP yang terintgerasi pada semua mata pelajaran, sedangkan perencanaan program ekstrakurikuler terintegrasi melalui kegiatan PMR, Pramuka dan kelestarian lingkungan. Perencanaan kegiatan tersebut dilaksanakan dengan melibatkan partisipasi segenap stakeholder terkait, 2) pelaksanaan pendidikan karakter pada kegiatan intrakurikuler dilaksanakan terintegrasi pada semua mata pelajaran yang diajarkan guru. Pelaksanaan pendidikan tersebut dilaksanakan dengan menggunakan contoh praktis yang mudah dipahami dan diaktualisasikan siswa. Pelaksanaan pendidikan karakter pada kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikler mampu memberikan perubahan pola sikap dan tingkah laku siswa yang semakin terarah dalam melakukan aktivitas didasarkan pada nilai karakter yang ada, dan 3) Kegiatan evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan secara internal oleh masing-masing guru dalam pembelajaran, serta dilaksanakan oleh oleh sekolah dalam rangka mengevaluasi secara menyeluruh tentang keberhasilan dan masalah yang dihadapi dalam menerapkan pendidikan karakter. Evaluasi yang dilakukan mampu untuk mengetahui perkembangan ketercapaian dalam program pendidikan karakter, serta mampu menilai perkembangkan peserta didik dalam memahami dan menerapkan nilai karakter dalam konteks kehidupannya.
Kata Kunci: Pengelolaan, Pendidikan Karakter
Download berkas