Penulis / NIM
SANTI AHMAD / 131408150
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Santi Ahmad. 2012. Kemampuan Guru dalam Mengatasi Masalah Pengelolaan Kelas di SMA Negeri I Limboto Kabupaten Gorontalo. (SKRIPSI: Dibimbing oleh Dr. Fadliah, M.Si dan Warni T. Sumar, M.Pd).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis dan mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi guru dalam proses pengelolaan kelas di SMA Negeri I Limboto, (2) menganalisis dan mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam mengatasi masalah pengelolaan kelas.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis narasi.
Hasil peneliitan ini menunjukan bahwa: (1) masalah-masalah yang dihadapi guru dalam pengelolaan kelas adalah, tipe kepemimpinan guru yang bervariasi,lingkungan sosial peserta didik dalam kelas, dan disiplin kelas dalam hal ini sanksi yang diberikan kepada peserta didik yang melanggar etika kelas, (2) strategi yang digunakan oleh guru dalam mengatasi masalah pengelolaan kelas yaitu, menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan, guru harus percaya diri, menguasai materi yang diajarkan, memberikan perhatian kepada peserta didik.
Untuk itu disarankan: (1) kepala sekolah dapat memberikan informasi kepada pihak-pihak yang berkompeten dalam dunia pendidikan teruatama pada pembinaan karir guru sehingga guru mampu berkompetisi sesuai bidang keahliannya masing-masing. (2) guru agar lebih meningkatkan kompetensi yang dimilikinya dalam mengatasi persoalan yang dihadapi peserta didik dalam pengelolaan proses pembelajaran. (3) bagi peneliti sebagai pedoman dalam melaksanakan penelitian selanjutnya.
Kata kunci: Guru, Masalah Pengelolaan kelas.
Download berkas