Penulis / NIM
SITI HADIJAH GOBEL / 131408159
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MEITY MONONIMBAR, M.Pd / 0024055602
Abstrak
ABSTRAK
Siti Hadijah Gobel : Pengelolaan Konflik Oleh Kepala Sekolah di SD Negeri Se-
Kecamatan Boliyohuto. Skripsi : Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2012. Pembimbing I: Dr. Fadliah, M.Si
dan Pembimbing II:Dra. Meity Monomimbar, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengelolaan Konflik
Oleh Kepala Sekolah di SD Negeri. Dengan mengkaji empat indikato yaitu
bagaimana perencanaan, bagaimana pelaksanaan (proses penanganan konflik),
bagaimana pengawasan dan bagaimana evaluasi dalam pengelolaan konflik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Anggota total popuasi berjumlah 113 dengan jumlah sampel 46. Teknik
pengumpulan data yaitu angket. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan rumus
persentase (%).
.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pengelolaah konflik di SD
Negeri se-Kecamatan Boliyohuto pada umumnya berada pada kategori cukup baik
atau 66%. Ini berarti perencanaan menyelesaikan masalah dalam pengelolaan
konflik sepenuhnya cukup baik, pelaksanaan pengelolaah konflik oleh kepala
sekolah di SD Negeri se-Kecamatan Boliyohuto pada umumnya berada pada
kategori cukup baik atau 68%, pengawasan pengelolaah konflik oleh kepala
sekolah di SD Negeri se-Kecamatan Boliyohuto pada umumnya berada pada 67%.
atau kategori cukup baik, sedangkan evaluasi berada pada kategori cukup baik
pula atau 67%.
Untuk itu disarankan agar pihak sekolah juga hendaknya ikut berperan aktif dalam
memperhatikan pengelolaan konflik yang terjadi diantara guru dengan mengontrol
setiap kesenjangan yang terjadi dan juga ikut berpartisipasi dalam pengelolaannya
Kata kunci: Pengelolaan, Konflik, Kepala Sekolah
Download berkas