Penulis / NIM
SRI PELMI PAUDI / 131408165
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Sri Pelmi Paudi, 2013. Penerapan Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah. Skripsi, Strata I. Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Drs. Hi. M. Polinggapo, S.Sos, M.Pd pembimbing II. Warni T. Sumar, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah, (2) Strategi Kepala Sekolah dalam menerapkan Gaya Kepemimpinan Situasional (3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam menerapkan gaya kepemimpinan situasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis narasi.
Hasil penelitian tentang Penerapan Gaya Kepemimpinan Situasional menunjukkan bahwa: 1) Model Kepemimpiman situasional Kepala sekolah dilihat dari dua gaya yaitu gaya selling dan participating melakukan komunikasi dua arah dan melibatkan bawahan dalam pengambilan keputusan, 2) Strategi kepala sekolah dalam menerapkan gaya kepemimpinan situasional dilihat dari petunjuk dan pengarahan serta dukungan sosioemosional adalah kepala sekolah memberikan tugas sesuai dengan tupoksinya serta menciptakan suasana kekeluargaan dan terjalinnya kerja sama yang bail, 3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam menerapkan gaya kepemimpinan situasional dilihat dari faktor internal kurangnya peran serta siswa dan orang tua dalam pengambilan keputusan Kemudian faktor eksternalnya adalah kurangnya dukungan, partisipasi, kerjasama dari masyarakat.
Untuk itu disarankan: 1) hendaknya kepala sekolah selalu siap menghadapi kendala yang terjadi dalam diri bawahan dan harus berusaha untuk membuat situasi dan kondisi organisasi sekolah yang stabil dan timbul kekeluargaan sehingga terjadi kerja sama antara bawahan. 2) hendaknya guru dapat menggunakan gaya kepemimpinan situasional dalam pembelajaran yang mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran. 3) Sebagai bahan kajian untuk dapat dimanfaatkan dalam penulisan karya ilmiah selanjutnya dan untuk mengadakan penelitian lanjutan.
Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, gaya kepemimpinan situasional
Download berkas