SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI SUNDARI B MAULI / 131408168
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK Sri Sundari B. Mauli. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah Terhadap Pengelolaan Konflik di SMK Negeri 1 Gorontalo. Skripsi Jurusan Manajemn Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2012. Pembimbing I Dr. Asrin, S,Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Arifin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah Terhadap Pengelolaan Konflik di SMK Negeri 1 Gorontalo. Di samping itu peneliti mendiskripsikan menguji hipotesis karena peneliti yakin Pengaruh Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah Terhadap Pengelolaan Konflik yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi, dengan jumlah populasi 142 orang dengan teknik penarikan sampel yang akan digunakan dalam penelitian menggunakan “Nomogram Harry King” dari grafik Nomogram Harry King di peroleh tingkat kepercayaan sampel sebesar 95% atau di tingkat kesalahan sampel 5%. Maka jumlah sampel yang diambil 50% X 142 = 71 orang responden dari Kepala Sekolah dan Guru yang ada di SMK Negeri 1 Gorontalo dan teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi dengan perhitungan R-Square sebesar 0,627. Nilai ini berarti bahwa sebesar 62,7% variabilitas mengenai pengaruh antara kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap pengelolaan konflik di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Sisa dari hasil prosentase tersebut sebesar 37.3% yang memberikan makna bahwa pengelolan konflik dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak didesain oleh peneliti, seperti gaya kepemimpinan, prilaku kepemimpinan, kecerdasan intelektual. Untuk itu disarankan pihak sekolah agar dapat memperhatikan faktor kecerdasan emosional kepala sekolah karena hal ini dapat mempengaruhi pengelolaan konflik. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kecerdasan emosional antara lain pemimpin perlu menggunakan kecerdasan emosionalnya dalam mengatasi setiap permasalahan atau konflik yang terjadi dilingkungan sekolah. Kata Kunci : Pengaruh, Kecerdasan Emosional, Pengelolaan Konflik, Kepala Sekolah.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011