Penulis / NIM
SULASTRI MODJO / 131408172
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK
Sulastri Modjo, 2012. Pengembangan Budaya Sekolah di SMP Negeri 1 Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (I) Prof. DR. Abdul Kadim Masaong, M.Pd, (II) Arifin, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengembangan nilai-nilai yang dianut di SMP Negeri 1 Boliyohuto yang meliputi budaya jujur, budaya, budaya bersih, budaya disiplin, budaya baca, budaya kerjasama, budaya prestasi dan kompetisi, budaya teguran dan penghargaan, (2)Kendala dalam pengembangan Budaya sekolah di SMP Negeri 1 Boliyohuto
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu Observasi, interview dan dokumentasi. Pemilihan Informan penelitian menggunakan teknik Snowball Sampling. Data terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan alur(a) reduksi data, (b) penyajian data (c) penarikan kesimpulan dan verifikasi.Untuk memperoleh hasil yang maksimal peneliti menggunakan teknik Triangulasi data, kredibilitasi dan transfebilitas dan Auditsteril.
Hasil penelitian ditemukan sebagai berikut :(1) Pengembangan budaya sekolah yang terdiri dari budaya jujur, budaya, budaya bersih, budaya disiplin, budaya baca, budaya kerjasama, budaya prestasi dan kompetisi, budaya teguran dan penghargaan. Pengembangan budaya ini merupakan upaya sekolah dalam memperbaiki karakter siswa dalam meningkatkan mutu pendidikan (2) Dalam pengembangan budaya sekolah kendala yang dihadapi sekolah itu berasal dari faktor manusianya seperti pola pikir, tanggung jawab dan komitmen serta kurangnya perhatian orang tua terhadap siswa akan menghambat pengembangan budaya sekolah
Penulis menyarankan: (1) Bagi pihak penyelenggara SMP Negeri 1 Boliyohuto agar lebih intesif atau lebih berinovasi lagi dalam upaya pengembangan budaya sekolah (2) Bagi Guru-guru, sebagai pemberi contoh dan tauladan bagi siswa agar selalu komitmen dan konsisten dengan program sekolah (3) Bagi masyarakat dan orang tua agar tetap terjaga silaturahmi dan senantiasa pro aktif terhadap perkembangan sekolah (4) Bagi Pemerintah agar tetap memperhatikan dan merealisasikan kebutuhan sekolah dalam upaya pengembangan mutu pendidikan, kompetensi dan kreativitas siswa
Kata Kunci : Pengembangan Budaya, Sekolah,
Download berkas