Penulis / NIM
TARMIZI NOER / 131408181
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Tarmizi Noer, 2012. Otonomi sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi kasus di SMK Negeri 2 Gorontalo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing : (1). Prof. Dr. Anshar, (2). Warni Sumar, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran otonomi sekolah dalam pengambilan keputusan di SMK Negeri 2 Gorontalo (2) gambaran Implementasi otonomi sekolah dalam pembiayaan pendidikan di SMK Negeri 2 Gorontalo, (3) gambaran Otonomi guru dalam pengelolaan pembelajaran di SMK Negeri 2 Gorontalo
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dimana penilitian ini ingin lebih menekankan kepada pengungkapan makna dan proses dengan latar belakang kami sebagai sumber data langsung atau disebut penelitian studi kasus. pendekatan deskriptif kualitatif yang bersifat eksploratif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan data yang dekriptif /metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Otonomi sekolah di SMK Negeri 2 Gorontalo dalam hal pengambilan keputusan dilaksankan secara bersama. Kepala sekolah dalam menetapkan program sekolah berdasarkan keputusan bersama dan melibatkan seluruh stakeholder yang ada di sekolah (2). Otonomi Sekolah dalam pembiayaan pendidikan bersifat terbuka. Kepala sekolah dalam pengelolaan anggaran pendidikan bersifat terbuka baik dalam penerimaan dan pengeluaran anggaran berdasarkan atas keputusan bersama melalui rapat dewan guru dan rapat komite sekolah. (3). Otonomi guru dalam pengelolaan pembelajaran sudah maksimal. Guru dalam pengelolaan pembelajaran mengembangkannya melalui suatu wadah pengembangan profesi guru didalam penguasaan kurikulum yang berlaku secara nasional.
Disarankan bahwa : (1) Perlu adanya regulasi yang mengatur pendidikan seperti Perda Pendidikan khususnya SMK yang berlaku di Kota Gorontalo. Dalam peraturan daerah ini telah diatur semua hal yang harus dilakukan oleh sekolah dengan arahan dan aturan yang jelas dan standar yang permanen. (2).Perlu upaya pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan untuk memberikan arahan dan rekomendasi pengelolaan sekolah dan menyiapkan rambu-rambu instrumen penilaian sekolah dari aspek pengelolaan otonomi sekolah. (3).Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi otonomi sekolah.
Kata Kunci : otonomi Sekolah, Implementasi, Manajemen Berbasis Sekolah
Download berkas