SKRIPSI

Penulis / NIM
WANHANDRIK TAHALU / 131408187
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK Wanhandrik Tahalu. 2012. Pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap pengelolaan konflik siswa di Kelas Se Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo. Program Studi Manajemen Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Prof. Dr. Hi. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Warni T. Sumar, S.Pd, M.Pd. Penelitian bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kecerdasan emosional guru di Sekolah Dasar Se Kecamatan Bilato Kab. Gorontalo. Untuk mengetahui pengelolaan konflik siswa di Kelas oleh guru Sekolah Dasar Se Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo. Untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap pengelolaan konflik siswa di Kelas Sekolah Dasar Se Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket, obervasi wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kecerdasan Emosional guru akan sangat tergantung pada yang diukur melalui kemampuan guru berada pada kategori yang “kuat” hal ini menunjukan kecerdasan emosional yang semakin tinggi akan semakin meningkatkan pengelolaan konflik terhadap siswa di kelas. 2) Pengelolaan konflik diukur melalui bentuk konflik yang terjadi di kelas dengan indikator kategori yang “tinggi” hal ini menunjukan pengelolaan konflik yang tinggi dapat menggambarkan tingkat kecerdasan guru, 3) Pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap pengelolaan konflik siswa di kelas menunjukkan bahwa perubahan yang terjadi pada pengelolaan konflik di SDN se Kecamatan Bilato. Besarnya pengaruh yang ditimbulkan oleh kecerdasan emosional guru terhadap pengelolaan konflik menunjukan koefisiensi yang tinggi. Tingkat koefisien ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional guru memiliki pengaruh yang kuat terhadap pengelolanan konflik siswa di kelas se Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo. Adapun saran penelitian ini yaitu : berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kecerdasan emosional berada pada tingkat atau level baik dalam meningkatkan Pengelolaan Konflik, untuk itu agar di masa mendatang lebih ditingkatkan, 2) Disarankan kepada peneliti selanjutnyan untuk mengkaji faktor lain yang kiranya dapat mempengaruhi Pengelolaan Konflik khususnya di SD se Kecamatan Bilato. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Pengelolaan Konflik, Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011